Sabtu, 26 Juni 2010

Bakwan Jagung

bangun tidur ku terus mandi...
tidak lupa menggosok gigi....
abis mandi ku harus pergi....
nguprek pasar mo beli-beliiii......
hihihi...

gini deh klo wikend, bisa nodong si yahanda minta di temenin ke pasar, idiihh... sok manja deeyy... tapi alhamdulillah klo ga sibuk si yahanda dengan senang hati tuh nemenin ^_^
sampe pasar, keliling-keliling, ough jadi bingung mo beli apa, mana lapeerr belom sempet sarapan, mata bunda muter-muter untung ga juling dan..oohh...di etalase penjual kue ada bakwan jagung, jadi pengeeeeenn....udah lama banget ga ngemil bakwan jagung, bunda udah jalan menuju toko kue itu but.....ah, mending bikin ajah, ga susah ini, yuk ah yahanda, kita putbal alias puter balik, dipasar sini jagung mudanya banyaaaakkk bangeeeett, bakwan jagungnya kita bikin aja yaaa....

sampe rumah semua belanjaan dibongkar dan mulai deh berkarya hehe... nih, bunda kasih bahannya yah, klo ga enak bilang enak, klo enak bilang-bilang ama tetangga sebelah... halahhh...

Bakwan Jagung

Bahan :
- 2 buah jagung manis muda, dipipil lalu digiling kasar, bisa pake blender
- 3 siung bawang putih, dihaluskan
- 2 cm jahe, dihaluskan
- 1 batang daun bawang, diiris sedang
- 1 batang daun seledri, diiris sedang
- 1 butir telur ayam
- 150 gr tepung terigu
- 150 cc air
- 1 bks penyedap rasa ayam (royco/masako, bisa diganti dengan ebi/udang dipotong kecil-kecil)
- garam secukupnya
- merica secukupnya (bagi yg suka ada rasa pedes-pedesnya, klo ga suka pedes ga pake merica juga gapapa)


Cara Membuat :
campurkan semua bahan, aduk sampai rata, siapkan wajan, panaskan minyak goreng, goreng bakwan hingga berwarna kuning kecoklatan, sajikan (untuk 20 buah)

Tuuhh kaaann...gampang banget, bahannya juga pasti ada terus di kulkas, bikinnya juga ga lama, dijamin lebih sehat dan enak, kan bikinan sendiri hihihi... (narsis dikiiitt)

Tips :
- klo adonan agak encer, tambahin aja tepung terigu sampe adonan keliatan bagus, tapi jangan kebanyakan ntar bakwannya malah jadi keras, jgn lupa garamnya juga di pas in yah klo tepungnya ditambah
- goreng dengan api sedang, kalo apinya kegedean matangnya ngga rata, luarnya udah kering atau malah bisa gosong sementara dalemnya masih basah / belum matang.
- klo adonannya pas, biasanya bakwan ini lembut (ngga crispy), jadi pas juga buat cemilan anak-anak, cocok disajkan hangat.

selamat mencoba!!

0 komentar:

Posting Komentar

 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design