Rabu, 23 Oktober 2013

Gulai Tauco

Indonesia kaya akan budaya, termasuk masakan. Untuk hal kecil seperti masakan aja tiap daerah punya rasa yang berbeda. contoh kecil aja Gulai Tauco. Di Padang mungkin kita akan dengan mudah menemui Gulai Tauco, yang biasanya dijadiin pelengkap lontong sayur. Malah dijadiin lauk juga untuk teman makan nasi biasanya ditambahin ikan. Di Palembang ternyata ga mengenal Gulai Tauco, mereka tau buncis bisa dimasak tauco, tapi bukan digulai santan seperti yang biasa dilakukan di Padang. ada sih gulai buncis tapi ya seperti gulai biasa aja, bukan dengan tauco. Gulai tauco nyo Andung buat Bunda top deh.. Andung nurunin ke Bunda resepnya. Biar ga ilang Bunda catet disini aja hehehe... takarannya dikira2 sendiri aja ya.. kalo rasanya kurang pas coba di acak2 lagi takaran bahannya. okeh? :)

Bahan :
- buncis, diris miring memanjang
- tempe, dipotong kotak kecil
- tahu, dipotong kotak kecil
- 1 ons rimbang (optional, bunda ga tau nama lain rimbang apa hihi...)
- pete, ambil bijinya lalu belah dua (optional, tapi kayanya tauco ga komplit kalo ga ada biji pete *wink*)
- cabe hijau, diris miring memanjang
- bawang merah, dihaluskan
- bawang putih, dihaluskan
- 1 bungkus ketumbar campur, dihaluskan (isinya ketumbar, merica, cengkeh, pala, pekak, dll, biasa  disebut juga bumbu rendang tapi masih dalam bentuk utuh ya, bukan yang udah dihalusin)
- 1 batang sereh, dimemarkan
- 2 lembar daun salam
- santan secukupnya
- tauco (biasanya Bunda pake tauco botolan)
- bawang goreng secukupnya

Cara Membuat :
- goreng tahu, tempe dan pete, sisihkan
- tumis bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, ketumbar campur) beserta sereh dan daun salam
- setelah tumisan berbau harum masukkan cabe hijau lalu masukkan santan, masak sebentar hingga santan berasap, kemudian masukkan tauco, lalu buncis
- kecilkan api, masak buncis dan cabe hijau hingga hampir layu. saat buncis hampir layu masukkan bahan yg digoreng tadi (tahu, tempe, pete) dan rimbang
- jangan lupa tambahkan garam secukupnya
- setelah sayuran matang taburkan bawang goreng diatasnya.
- siap dhidangkan

kalo mau ditambahin ikan juga bisa. goreng dulu ikannya seperti tahu tempe dan pete tadi, lalu masukkan ikan berbarengan dengan tahu tempe dan pete. rasanya juga akan lebih maknyus kalo ditambahin ikan. Selamat mencoba :)


0 komentar:

Posting Komentar

 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design