Minggu, 11 Mei 2014

Stop ASI Ya, Dek :)

Shaqeela udah 2 tahun, udah waktunya untuk disapih. Ternyata menyapih Shaqeela lebih susah dibanding Najla dulu. Najla udah bisa lupa sama ASI setelah dua minggu. Shaqeela, sampe sekarang, hampir tiga minggu, masih suka inget ASI. Dan kalo udah minta ASi, susaaaaaah banget buat bilang enggak. Dialihkan dengan apapun nggak mau. Beberapa hari belakangan ini makin parah, dia udah bisa marah, nangis teriak kenceng-kenceng. Ough!

Bunda emang nggak langsung menghentikan ASI Shaqeela. Bunda sapih secara bertahap, biar dia nggak kaget dan biar Bunda nggak sakit juga. Seperti yang pernah Bunda lakukan ke Najla dulu, awalnya Shaqeela nggak dikasih ASI lagi pagi hari. Setelah jam 12 siang baru Bunda kasih. Udah mulai anteng nggak mimik ASI pagi, naik tingkat nggak mimik ASI dari pagi hingga jam 6 sore. Kasihan sih ngeliatnya nikmat banget mimik ASI setelah jam 6 sore. Kaya dapet apaaaa gitu :)
Tahap itupun sukses. Lanjut ke tahap berikut, nggak mimik ASI sampe malem, alias 24 jam. Duhhh, paling susah pas bobok malem ini.  Dia nangis-nangis bombay minta mimik. Teriak-teriak sampe batuk trus akhirnya muntah. Aduuuuhhh... bener-bener nggak tega tapi ya gimana. Akhirnya ngalah. Kalo dia udah ngamuk dengan terpaksa akhirnya Bunda kasih lagi. Mission Failed!

Sempat kepikiran untuk ngolesin apa gitu di dada biar Shaqeela nggak suka rasa ASI-nya, cuma bingung mau ngasih apa yang nggak bahaya kalo ketelen sama dia. Pilihan jatuh pada jeruk nipis. Rasa asamnya pasti nggak enak banget. Yup, pas Shaqeela minta ASI bunda olesin dulu air jeruk nipis di sekitar aerola tanpa sepengetahuan dia. Bener deh, begitu lidahnya menyentuh aerola, Shaqeela langsung bermuka aneh, matanya merem melek, ekspresi menahan kecuuttt.... hahaha. Yeayyy!! Berhasil. Shaqeela nggak mau lagi nyobain ASI-nya. Cara ini berhasil selama beberapa hari, tapi tetep Shaqeela belom lupa, tiap hari masih minta mimik ASI dan baru berenti setelah ngerasain asemnya.

Cumaaaaa, beberapa hari ini kayanya dia mulai pinter. Dia nekat tetap menghisap ASI, nahanin rasa kecut dilidahnya. Lama-lama rasa asem dimulutnya  hilang kesiram ASI. Misi kembali gagal total. dengan penuh kemenangan Shaqeela tidur malem dengan mulut menempel di dada Bunda, haiyyaaa....

Susahnya lagi, kemaren Yahanda keluar kota seminggu poll. Jadi nggak ada orang yang membantu Bunda mengalihkan perhatian Shaqeela dari ASI. Sekarang Yahanda udah di rumah. Dua malam ini Shaqeela tidur sama Yahanda. Mulai dari prosesi gosok punggung menjelang tidur hingga pagi hari. Karena kalo masih Bunda yang nidurin, Shaqeela pasti tetep minta ASI. Syukurnya Shaqeela suka banget punggungnya dielus-elus menjelang tidur, kalo tangan kita berenti dia protes, haha. Jadi mesti bergerak terus, walaupun cuma satu jari digerakin atas bawah, pokoknya ada yang gerak aja dipunggungnya. Jadilah Yahanda dapet tugas menggosok punggung, hihi.

Cara sapih ASI bertahap seperti ini memang hasilnya lama. Tapi Bunda pikir ini yang terbaik. Karena dengan bertahap, anak nggak merasa ditolak. Karena ASI buat anak bukan hanya sekedar menghisap susu. Proses pemberian ASI juga merupakan bentuk kedekatan sempurna antara anak dengan ibunya. Jadi kalo mendadak di stop dan dilarang, takut aja ntar dia merasa ditolak atau nggak disayang yang bisa berakibat nggak bagus buat mentalnya. Satu lagi, dengan menyapih ASI secara bertahap, menghindarkan ibu dari rasa sakit karena payudara bengkak kepenuhan ASI. Seperti kita tahu, ASI itu supply on demand. Persediaannya tergantung kebutuhan. Semakin sering bayi menghisap payudara maka produksi ASI semakin lancar. Sebaliknya jika hisapan berkurang otomatis produksi ASI juga akan berkurang. Hingga lambat laun berhenti sama sekali. Dengan menyapih bertahap, berarti poduksi ASI akan berkurang secara bertahap juga dengan alami. Berkurang juga resiko payudara bengkak dan sakit karena kepenuhan ASI.

Kembali ke Shaqeela. Semoga dalam waktu dekat Shaqeela bisa lepas dari ASI. Nggak apa-apa ya, Dek. Biarpun udah nggak mimik ASI, kita masih bisa peluk-pelukan kok :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design