Jumat, 03 Mei 2013

Bakso Ayam

Shaqeela mulai suka ganti menu, dia bosen kalo dikasih itu2 aja, suka banget nyolek sosisnya Najla. Bunda mikir mo kasih bakso aja buat Shaqeela. Bakso kan bisa direbus dengan sayuran atau bisa digoreng juga kalo udah bosen direbus2. well hasil huntingan di mbah google Bunda bagi ya... 

Bahan :
- 300 gr daging dada ayam (haluskan)
- 2 siung bawang putih (haluskan)
- 1 sdm kecap asin
- 1 sdt garam
- 1/2 sdt gula pasir
- 50 gr tepung sagu (tapioka)
- 1 sdm tepung maizena
- 1 butir telur
- 1 sdm minyak goreng

Cara Membuat :
- Campur semua bahan, aduk rata kemudian banting2 adonan ke panci sampe kalis seperti kita membanting adonan donat. kira2 10-20 kali banting. kata mbah goggle tujuan membanting adonan adalah untuk melepaskan serat2 daging sehingga  baksonya nanti terasa halus dan kenyal, nggak terasa serat2 daging ayamnya.

- Setelah dibanting, ambil satu kantong plastik, kemudian masukkan adonan bakso tadi kedalam kantong plastik lalu taro di freezer selama 1/2 jam.

- setelah 1/2 jam, jerang air di panci dengan api kecil-sedang hingga muncul buih2 kecil, ga perlu sampe mendidih. Tambahkan garam dan gula secukupnya kedalam air perebus bakso. Lalu cetak bakso dengan sendok atau jari, rebus bakso hingga bakso mengapung di air. jangan lupa aduk rebusan bakso agar bakso yang menempel didasar panci terangkat ke atas.

- Bakso yang sudah mengapung adalah bakso yang sudah matang, angkat dan tiriskan bakso yang sudah mengapung tersebut. simpan di freezer atau langsung di olah untuk makanan si kecil.

Alhamdulillah baksonya enak, Shaqeela suka, Najla juga suka. Najla minta bakso dicampurin ke nasi goreng sarapan paginya :)
Air rebusan bakso (kaldu) bisa langsung diolah menjadi kuah baksonya dengan ditambahi bumbu2 pelengkap, atau bisa juga ditambahin sayuran aja plus bakso, bisa langsung disajikan buat sikecil. Kalo kebanyakan simpan air kaldu di freezer untuk digunakan saat kita butuh air kaldu lagi untuk bikin sop atau sayur sikecil.

0 komentar:

Posting Komentar

 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design