Rabu, 25 Maret 2020

We're soooooo EXCITED! 
Tapi bingung mau mulai cerita dari mana :D

Kemaren pagi, Selasa 24 Maret 2020, sekitar pukul 8 lewat beberapa menit, saya terima telpon dari nomor tak dikenal, ternyata telpon dari MAN IC Siak, uwow!! Yang nelpon bapak-bapak, saking excitednya jadi lupa nanyain nama bapaknya siapa hihi. Bapaknya nanya apakah Najla mau ambil MAN IC? Karena ada beberapa anak yang mengundurkan diri, jadi slotnya bisa diisi oleh Najla, alhamdulillah... kalo rejeki emang gak kemana yah, ada aja jalannya untuk nyamperin kita walau terlihat hampir tidak tergapai. Kok gitu, Bun? 

Jadi gini, Bulan Februari lalu, saat MAN IC buka pengumuman penerimaan siswa baru, Najla ikut daftar itupun udah hampir tutup baru daftar, karena di awal anaknya masih galau, mau daftar atau enggak. Biasalah ya anak-anak, merasa agak berat karena harus tinggal di asrama. Pada saat dalam kegalauan itulah tim dari MAN IC datang ke sekolah Najla untuk sosialisasi, dan ketika pulang sekolah Najla minta saya untuk urusin pendaftarannya di MAN IC. Saya tanyain donk, yakin mau masuk MAN IC? katanya yakin. Kalo lulus nanti tinggalnya di asrama lho, beneran yakin? dianya ketawa sambil bilang yakin. Trus uni mau pilih dimana? dia jawab ya pilihan 1 nya di Siak, pilihan 2 di Pariaman. Kalo nanti lulusnya di Pariaman, beneran mau diambil juga? Bunda sama yahanda belum tentu bisa lhoo sering-sering liat ke sana, soalnya dedek kan sekolah juga. Kalo di Siak ya deket, insyaAllah kapan mau ke sana bisa langsung cuss aja. Tapi kan kita gak tau nih bisa lulus atau enggak juga. takutnya kalo cuma ambil Siak aja, siaa tau saingannya banyak jadi susah untuk masuk. Kali-kali aja peminat di Pariaman belum begitu banyak, jadi ada peluang bisa masuk sana. Yaaaa kalo ambil 2 pilihan, peluang lebih besar dibanding cuma ambil Siak satu aja. Tapi ya itu tadi, andai lulus di Pariaman, agak jauh dikit nih, butuh waktu sekian jam untuk bisa ke sana. setelah diberi pandangan panjang lebar gitu, dia tetep kekeuh mau daftar. Ya udah, kami mulai ngurus persyaratannya, minta surat rekomendasi dari sekolah, legalisir raport dll.

Alhamdulillah, Najla lulus seleksi administrasi sehingga bisa ikut test pada hari sabtu tanggal 15 Februari 2020, dapet sesi ke 2 jam 12.00 wib sampai jam 17.00 wib. Lumayaaaaan kita nungguinnya di sana. Kebayang ya anak-anak gimana testnya selama 5 jam di dalem sana, berasap nggak tuh kepala :D kita yang nunggu juga udah mondar-mandir bolak-balik, mana cuaca ampuuun lagi panas-panasnya. Alhamdulillah musholanya model kebuka gitu jadi adem bisa duduk dan banyak yang tiduran juga, termasuklah saya sempet rebahan di mushola. 

dan, saat pengumuman kelulusan, Najla lulus cadangan, nomor urut 14. Omaigot! nanggung bangeeeeet, galau berat kan jadinya, status gantung gitu. Dari sekolah Najla yang ikut test ada 24 anak, yang lulus utama ada 7 orang terdiri dari 2 orang cowok dan 5 orang cewek, 2 diantara yang cewek itu temen deketnya Najla. Kebayanglah ya gimana perasaan Najla ngeliat temennya lulus utama sementara dia lulus cadangan. Dan yang lulus cadangan ini dari sekolah cuma Najla seorang. Duh, nelangsa banget rasanya saat itu. Saya hubungi panitia via whatsapp nanyain, kapan status lulus cadangan ini dapet kepastian. Kata panitianya tunggu daftar ulang lulus utama selesai dulu, nanti andaikan ada yang mengundurkan diri, maka lulus cadangan akan dihubungi. Baiklaaaah, mari kita tunggu. 

Proses daftar ulang untuk anak lulus utama berlangsung dari tanggal 16 Maret 2020. Hingga satu minggu setelahnya, tepatnya hari minggu tanggal 22 Maret 2020 saya ngomong ke Najla, "sampe sekarang kita belum dapet telpon dari MAN IC nih, Un.. berarti pada ngambil semua kali yaaa anak-anak lulus utama, gak ada yang ngundurin diri? Ya udahlah, nanti kalo PPDB MAN 2 udah buka, ikut daftar ya, moga-moga ada rejeki disana". Si uni mah iya iya aja. Trus saya tanyain, uni mau daftar dimana? MAN 1 atau MAN 2, dia jawab yang mana aja, kalo bisa ikut test dua-duanya ya ikut, ntar lulus yang mana aja diambil. Okeh sip, saya udah bener-bener lillahi ta'ala atas MAN IC hari itu. 

Senin dini hari, saya kebangun pukul 03.30, gak bisa tidur lagi. Saya pikir ya mumpung kebangun jam segini, saya shalat malam. Setelah shalat malam, saya lanjut shalat hajat, selesai shalat hajat, saya berdo'a, "Ya Allah, andaikan MAN IC memang yang terbaik buat Najla, maka berikan jalan untuk dia agar bisa masuk ke sana. Andai MAN IC bukan yang terbaik buat dia, maka mudahkanlah dia untuk masuk ke MAN 1 atau MAN 2, yang mana pun yang menurut-Mu itu memang terbaik untuk Najla".
Iyah, saya berdo'a seperti itu, saya tidak minta harus masuk ke sana ke sini or situ, saya hanya ingin sekolah yang menurut Allah terbaik untuk Najla. Dan senin berlalu begitgu saja tanpa ada pikiran apa-apa lagi tentang MAN IC.

Dan, surprise! 
Selasa 25 Maret 2020, saya dapet telpon seperti yang diceritakan diatas. Bapak panitia mengirimkan berkas-berkas yang harus kami bawa pada saat daftar ulang hari sabtu besok. Salah satunya ada form test kesehatan yang harus dilakukan di rumah sakit. Karena hari ini tanggal merah, maka kami baru akan bawa Najla test kesehatan besok. Hanya saja sekarang yang jadi kegalauan buat saya, apakah skoliosis yang disandang Najla akan jadi sandungan? Saya berharap sih tidak, karena dia punya hak untuk dapat pendidikan bagaimanapun keadaan fisiknya kan ya? lagian di form test kesehatan juga nggak ada persyaratan postur tubuh harus lurus sempurna. Semoga saja kegalauan saya ini tidak terjadi, amiin ya rabb...

Besok siap-siap ajak Najla ke lab untuk test. Kami pilih pergi ke lab saja untuk menghindari keramaian rumah sakit pada saat darurat seperti sekarang ini. Kami sudah tanya ke panitia, katanya boleh bawa ke lab yang udah terstandar TQA. Semoga besok semua test kesehatan Najla berjalan lancar, amiin...  

0 komentar:

Posting Komentar

 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design