Pages

Pages

Senin, 16 Maret 2020

Bolu Kukus Pandan Tanpa Emulsifier

Udah lama gak baking, kemaren minggu kepikiran mau bikin bolu pandan. Belum pernah bikin yang tanpa emulsifier, jadi ceritanya mau coba-coba bikin yang tanpa emulsifier. Gugling nyari resep, setelah liat-liat beberapa resep, eh keliatan donk resepnya cici Xander's Kitchen di cookpad, tapi kok ya saya gak bisa buka cookpadnya di browser? disuruh donlod aplikasinya dulu, apa memang seperti itu ya kalo mau liat resep-resep di cookpad? maap kudet, dulu-dulu rasanya bisa aja buka cookpad di browser. Trus karena gak bisa buka di browser, akhirnya saya  langsung aja ke IG-nya karena saya emang udah lama follow. Setelah scrolling, taraaaa dapet deh resep bolu kukus pandan tanpa emulsifier.

Saya langsung eksekusi tapi bikin setengah resep aja, karena pake loyang bulat kecil diameter 18 cm. Trus sebelumnya saya juga sempet tanya-tanya ke temen yang suka bikin bolu kukus pandan tanpa emulsifier juga, katanya dia tambahin satu sendok makan perasan air jeruk nipis, lalu kuning telur dan putih telur di kocok terpisah. Karena gak punya air endapan pandan asli, saya pake pasta pandan merk toffieco saja. 

Berikut saya share resep bolu kukus pandan by Xander's Kitchen dengan sedikit modifikasi

Bahan :
-  4 butir telur
- 110 gram gula pasir
- 100 gram tepung terigu protein sedang
- 10 gram maizena
- 2 sdm susu bubuk
- 75 ml santan kental (saya pake kara)
- 20 ml minyak sayur
- 20 ml air 
- sejumput garam
- 1 sdm air jeruk nipis
- pasta pandan secukupnya
- vanille 

Cara membuat :
- panaskan oven dan siapkan loyang. Oles loyang dengan margarin dan taburi terigu tipis-tipis.
- Campur dan ayak semua bahan kering, tepung terigu, maizena, dan susu bubuk, dalam satu wadah, sisihkan
- campur bahan basah santan kental, minyak sayur, air, perasan jeruk nipis dan pasta pandan, ekstrak vanille, dalam satu wadah, aduk rata, sisihkan
- pisahkan kuning telur dengan putih telur. Kocok kuning telur dengan gula hingga mengembang, terlihat kaku dan berjejak.
- kocok putih telur hingga mengembang, terlihat ringan dan berjejak.
- campurkan secara bertahap putih telur ke adonan kuning telur sambil diaduk balik.
- masukkan bahan kering sambil diayak secara bertahap, aduk balik.
- ambil sedikit adonan, campurkan kedalam bahan basah, aduk rata, kemudian tuang secara bertahap ke dalam adonan telur sambil di aduk balik hingga rata, pastikan tidak ada cairan yg mengendap dibagian bawah.
- Tuang adonan ke dalam cetakan, hentakan cetakan, lalu masukkan ke dalam oven. panggang hingga matang sesuai oven masing-masing. 
- Untuk oven saya, saya pake api bawah suhu 150 derajat di 10 menit pertama, lalu saya naikkan jadi 200 derajat masih dengan api bawah selama 15-20 menit, lalu saya pakai api atas dan bawah selama 5 menit. khusus untuk memanggang ini harus kenali oven masing-masing yaa... 

Alhamdulillah, bolu pandannya jadi lembuuut, enak dan manisnya pas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar