Pages

Pages

Rabu, 18 Maret 2020

Social Distancing Day 3

Hari ke-3 #dirumahaja, ngapain aja?

Seperti biasa, bangun pagi, shalat subuh, beberes untuk sarapan, bikin jus jeyuk dan nasi goyeng ☺ tak lupa kopi hitam buat yahanda. Lanjut keluarin bahan makanan beku dari kulkas buat di masak nanti, untuk lunch sama dinner, ciyeee... 

Bahan makanan ini emang udah di stok dari hari minggu kemaren. Sekali seminggu belanja ikan, daging, ayam, udang, cumi, telur, gak banyak-banyak sih, kira-kira cukuplah untuk dimasak beberapa hari. kayak beli ikan 1 kg, itu dibersihin trus dibagi dalam 2 kotak, bisa untuk 2x masak. Beli daging 1/2/ kg aja, itu direbus, jadiin dendeng, nanti juga dibagi jadi 2 kotak kecil. Ayam kampung beli 1 ekor, diungkap trus bagi juga jadi 2 kotak. Cumi, udang semua udah masuk dalam kotak-kotak plastik kecil. Porsinya emang dibikin kecil-kecil aja, karena sekali masak nanti bisa 2 jenis lauk. Apalagi si Dedek gak suka udang sama cumi, jadi kalo masak 2 bahan itu harus dibarengi masak yg lain buat dia. 

Trus cuaca bagus donk, ajakin anak-anak keluar. Mereka selow walking dari depan komplek sampe ujung jalan trus balik lagi, kira-kira makan waktu 10 menitan. Mayanlah dapet matahari pagi, besok kalo cuaca bagus lagi, mesti lebih dilamain waktu mandi mataharinya.

Selesai jalan, masuk rumah dan lanjut beberes. Beresin piring gelas bekas sarapan, haha. Si Uni bantu nyapu rumah, beresin jemuran yang belum sempet dirapiin di keranjang, biar belajar beberes juga, dan biar tau ini nih yang dijerjain emaknya tiap hari kalo dia lagi di sekolah. Kira-kira suhu badan udah stabil, anak-anak pada mandi. Bundo ngapain? lanjut masak lah.. jadinya sekarang tiap hari masak. Mau beli makanan di luar ngeri euy... Entah dibilang parno atau apalah yang pasti jaga-jaga aja, lebih aman untuk masak sendiri aja kayanya, pas makannya juga lebih enjoy. daripada nanti makan sambil mikir "ini maknana tadi kang masaknya bersin gak ya? kang kurirnya abis lap ingus gak ya?" berabe kan? bukannya jadi sehat abis makan yang ada tekanan batin kepikiran ☺

So, hari ini masakapa, Bun?
Masak yang gampang-gampang aja, karena emang gak jago masak. Udah bisa masak aja udah syukur banget, haha.. Yuk liat foto, masak apa aja hari ini.

Cumi Goreng Tepung

Dendeng + Tahu Balado

Gulai Buncis+Kol+Teri belah

Honestly tadi juga coba baking, niatnya mau bikin Ogura Cake motif unicorn. Eh ternyata stock pewarna makanan cuma ada merah dan hijau. Biru dan ungu expired. Ketauan banget udah lama gak baking, bahannya sampe expired. 

Udahlah hasilnya bukan kayak unicorn tapi warnanya jadi mirip bolu kukus yang bulet-bulet, merah, kuning, ijo. Trus juga tadi ternyata telur yang dipake kurang bagus, putihnya udah encer, gak kental lagi, jadinya pas dikocok gak bisa sampe soft peak, meleber aja gitu, padahal udah dikocok 15 menitan. Baca-baca di tips and trik katanya juga gak boleh ada kuning telur masuk di adonan putih telur, karena itu juga bikin putih telur gak bisa ngembang. Perfect lah, itu tadi kuning telur gak tau berapa tetes masuk di putihnya, tidak terpisah sempurna. Alhasil, ogura cakenya tidak mengembang sempurna, pas mateng tingginya cuma setengah cetakan. Tapi dibalik kegagalan penampilannya, rasa Ogura Cakenya enaaaaak, lembuuut, makan sepotong gak cukup.

Sekian cerita di hari ke-3 ini, stay healthy semuanyaaa...!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar