Jumat, 01 Oktober 2010

P - R - T

Ngomongin PRT memang banyak suka dukanya, tidak hanya untuk para PRT, para majikan juga puya baaaaanyaaaak suka duka dengan kelakuan PRT.

Diluar negeri, fenomena yg berkembang, PRT dikerjain sama majikan, bahkan boro2 bawa duit banyak ke kampung halaman, yg ada nyawa mereka melayang.
Disini, di negeri sendiri, bahkan dikampung sendiri, ga usah jauh2 deh, disekitar Bunda aja, ngga sedikit temen2 yg justru dikerjain PRT, ada apa ya???

Bunda juga punya cerita ngga enak tentang PRT.

Pertamakali Bunda hire PRT untuk stay di rumah itu februari 2007, begitu Bunda pisah dari rumah induk hehe.... awalnya sih emang udah feeling not good begitu liat performance PRT baru itu, tapi karena waktu itu Bunda emang butuuuuuhhh bangeeett dan mau Bunda bawa keluar kota ke home base baru, Bunda ambil aja, dengan pertimbangan kita berasal dari satu daerah jadi ga akan sulit untuk saling menyesuaikan diri, soal masak2 juga selera kita relatif sama jadi ga ribet klo mo makan, Bunda tau rumahnya dimana, ortunya sapa, jadi klo ada apa2 tinggal pulangin ke ortu-nya.

Satu minggu di tempat baru, dia udah ngomong mau balik, Bunda ga mau donk lepas begitu aja, dari awal Bunda udah bilang kita keluar kota dan pulangnya barengan sekali setahun, dianya oke kita berangkat.

Setahun berlalu, dengan berusaha mengendalikan emosi jiwa, Bunda mencoba untuk maklum, mungkin karena SD aja ngga tamat jadi signalnya agak tulalit ga nangkep, diajarin begini.... yg dikerjain begitu, mau kita kesini..... dianya malah kesitu.
Si PRT suka main ke tetangga, Bunda biarin aja, toh dia juga butuh hiburan dan bersosialisasi. Ngga berapa lama si PRT mulai ngerumpi sama Bunda, Bunda sih iya2in aja, ternyata owh ternyataaaaa..... si PRT jadi ga disukai sama tetangga, Bunda juga ikut2an dimusuhin sama si tetangga, what's up??? Bunda bingung, ada apa? secara Bunda ngerasa ga pernah ngapa2in, usut punya usut ternyata si PRT Bunda suka rumpi yang enggak2, ya udah, Bunda ngalah, kita pindah rumah, bayangkan... Bunda bela2in pindah rumah demi menjaga kenyamanan si PRT yang saban hari diserang sama tetangga Bunda, kalo Bunda lagi ngga dirumah "kata" si PRT dia dicecar abis2an sama si tetangga, dan "katanya lagi" dia diancam sama si tetangga, oh my god!!!

Dirumah baru, untung itu rumah kontrakan jadi Bunda bisa pindah suka2, coba kalo itu rumah Bunda sendiri, Bunda mo bawa pindah rumahnya kemana? waktu itu ga kepikiran sih :)
si PRT masih suka main ke tetangga, tapi kali ini Bunda wanti2 dia jangan suka nge-gosip lagi kaya yang kemaren2, dia bilang oke.
Nggak lama, di rumah kehilangan duit, ups.... ngga ada orang lain yg pantes untuk dicurigai kecuali si PRT, di interogasi si PRT ngaku. Malam itu Bunda sama yahanda mencoba untuk memperbaiki attitude si PRT, tanpa marah, bayangin lagi...... tanpa marah, padahal Bunda udah gondok banget, yahanda juga udah mangkel, tapi kita coba untuk memperbaiki si PRT, karena Bunda masih butuh tenaga dia dan Bunda belum dapet PRT baru. Kalo Bunda punya PRT pengganti Bunda ga akan ragu2 lagi deh ngirim dia pulkam.
Besok paginya, pas bangun Bunda panggil2 si PRT, tapi ga ada jawaban, tuiiiinnggg....Bunda langsung punya feeling ga enak, Bunda liat ke kamarnya, kosong.... Bunda periksa lemari pakaiannya.... melompong, Bunda kedepan liat pintu, ups....kunci rumah jatoh dibawah jendela, pintunya terkunci. Udah deh... si PRT kaboooorrrr.....!!!!
Langsung deh Bunda bangunin yahanda ngabarin berita si PRT kabur, Bunda tanya ke tetangga depan rumah tempat dia biasa maen mereka ngga tau, coba tanya ke warung tempat dia biasa maen juga oh god, pagi2 sekali tadi dia dateng ke warung itu, minjem handphone si empunya warung dan sampe sekarang belom dibalikin, si PRT janji pake cuma satu jam tapi sampe Bunda dateng si PRT ga nongol2. Kasus deh, udah maling duit dirumah Bunda, nipu orang warung, bawa kabur HP empunya warung.
Setelah denger penjelasan yahanda si empunya warung kerjasama dengan kita, dengan pura2 ngga tau kalo si PRT kabur, empunya warung telpon ke HPnya yg dilariin si PRT, dia bilang dia butuh telpon mo telpon rumah sakit, untungnya si PRT dasar oon percaya aja, dia kasih tau posisinya dimana dan nyuruh si empunya warung jemput HP-nya kesitu, eng ing eeeeeenggg...... kita tangkap deh si PRT dipersembunyian. Ternyataaaaa.... HP itu dipake sama si PRT untuk nelpon eks tetangga Bunda yang lain di sekitar rumah lama, pastinya bukan yg ngancem2 dia dulu itu, si PRT ngaku dia disiksa dirumah Bunda, trus gajinya ngga dibayar sama Bunda, trus dia minta kerja ditempat eks tetangga lain Bunda itu, si tetangga Bunda percaya aja dan janjianlah mereka untuk ketemuan di posisi si PRT kena ciduk, tapi sebelum sempat ketemuan si PRT udah ditangkap duluan dan dibawa pulang. Hari itu juga Bunda telpon bapaknya si PRT dan minta dia untuk jemput si PRT, besoknya dia langsung dibawa pulang kampung, asli Bunda ngerasa ketipuuu...banget dan sakit hati banget. Kalo dia pinter Bunda sih ngga khawatir, Bunda tinggal telpon Bapaknya bilang anaknya kabur ga jelas kemana setelah maling duit dirumah dan ngelariin HP orang, tapi dianya oon, pake kabur2an, baca aja ngga lancar, sekolahnya cuma sampe kelas 2 SD, kalo ditipu ma orang trus djual jadi PSK dia ngga bakal bisa ngelawan, huuuffftt..... Lagian yang bawa dia pergi jauh2 dari kampungnya itu Bunda, kalo ada apa2 sama dia ntar Bunda dimintain pertanggungjawaban donk sama ortunya, orang ga akan mau tau alasannya apa, pastinya orang percaya aja dengan cerita dia kabur karena gajinya ngga pernah dibayar dan dia disiksa dirumah Bunda, kaya cerita2 di TV ituuuuu...
Satu cerita tentang PRT selesai.

Setahun lebih Bunda trauma punya PRT yang stay dirumah, Bunda hire orang kerja datang pagi pulang setelah kerjaan rumah beres, tapi Bunda keteteran karena Najla mulai skul, Bunda kejar2an dengan waktu pulangnya si PRT PP (PRT Pulang-Pergi, hihihi.....). Bunda minta bala bantuan Andung, untungnya Andung bisa stay dirumah. Andung bisa jadi mandornya PRT PP selama Bunda di skul nungguin Najla. Untuk 1 tahun lebih Bunda aman dengan PRT PP. Tapiiiiiii...... si Tita mulai skripsi dan mulai ngga betah dirumah sendirian, keputusannya Andung pulkam temenin si Tita, jadi deh andung Pulkam, Bunda panik mesti kejar2an lagi dengan waktu dan jam kerja PRT PP.

Bunda mulai cari2 info tentang PRT, pas banget ada yang nawarin, langsung Bunda ambil aja, tanpa seleksi, alhamdulillah....PRT ini kerjanya bagus, dia emang udah biasa kerja, Bunda jadi ngga perlu cape2 kasih di training lagi. Cukup ngomong satu kali, besoknya dia langsung praktek, wuiiihhh.....mantaaappp.....
Lebaran dataaaaangg.... si PRT minta pulkam, padahal baru 2 bulan kerja. Ya udah Bunda ijinin dia pulkam karena kasian juga kalo dia ngga pulkam, dia pasti pengen banget kumpul sama keluarganya saat lebaran, Bunda juga kebetulan lebarannya keluar kota, jadi kita sama2 berangkat. Cuma sedikit aneh, dia minta gajinya dibayar di depan, padahal mestinya gajinya dibayarin seminggu setelah lebaran pas dia balik dari Kampungnya, tapi karena dia bilang butuh duit buat lebaran ya udah Bunda kasih aja... Berangkat deh.....
Libur lebaran selesai, Bunda pulang kerumah, Bunda sms si PRT ( PRT sekarang HP-nya keren2 loh...) ngingetin dia untuk balik di tanggal yang udah disepakati, dengan entengnya dia bales sms Bunda " maaf Buk, aku ngga balik ke *********lagi, mungkin habis lebaran haji nanti baliknya, maaf Buk baru bisa ngabarin sekarang".
Bussseeeeetttt....... ketipu lagi deh..... gajinya udah dibayar full, dengan THR, dengan baju lebaran, dengan ongkos travelnya, dianya enak aja bilang ngga balik, tekor bandar, hadddoohhh......
Satu cerita lagi tentang PRT selesai.

Jelang dua minggu, dengan menyebar info BUTUH PRT dimana-mana, seorang teman menawarkan PRT yang terhitung masih keponakannya. Okeh, karena yang nawarin itu teman yang pastinya bisa kita percaya, Bunda dan Yahanda kembali oke2 aja, lagi2 karena pertimbangan KITA BUTUH bantuan PRT untuk cuci, setrika, beres2 rumah sekaligus bisa jadi temen Bunda dan Najla dirumah kalo pas yahanda ada tugas keluar kota. Urusan masak memasak sih tetap Bunda yang handle hehehe......
So far, PRT baru berjalan dengan baik, cara kerjanya sih jauuuuhhhh banget dari standar tapi lumayanlah, yang penting Bunda punya seseorang untuk berbaagi pekerjaan rumah. Mesti ekstra sabar memang untuk ngajarin dia kerja. Dia berasal dari dusun yg lumayan jauh dipelosok sana, ngga ada listrik, jadi dia kurang familiar dengan peralatan rumah tangga yg berbau2 listrik dan dia ngga tau kalo kita mesti bayar untuk setiap arus listrik yg kita pake, dia juga biasa ngambil air di sumur jadi ngga ngerti kalo air itu juga kita bayar hehehe.... Hari pertama Bunda kasih dia tutorial tentang tugas2nya. Hari kedua dia mulai kerja sendiri tapi.....satu pakaian kotor langsung dicuci, satu pakaian kering langsung disetrika, katanya dicicil aja biar kerjaannya ngga numpuk, hahahahaha..... Langsung deh bunda terangin, nyuci cukup sekali aja sehari, setrika juga sekali aja sehari, klo keseringan nyuci dan nyetrika ntar kamu kerjaannya ngga abis2 dan lagi Ibu bisa tekor bayar listrik dan air, dianya bengong, walah Bu... air sama listrik itu bayar ya? mereka tau dari mana kalo kita pake listrik dan airnya? haallaaah..... Bunda puyeng, terpaksa deh Bunda terangin lebih lanjut, Bunda udah kaya Ibu Dosen yang lagi ngajar, ngga tau deh dia ngerti apa kagak yang pasti dia ngangguk2 dengerin penjelasan Bunda hehehe...
Sedikit tulalit memang, mesti pelan2 dan sabar, kalo kita ngomong cepet2 dia mulai pusing ngga nangkep kita ngomong apaan, mungkin karena kendala bahasa juga, biar Bunda udah berbahasa Indonesia yang baik dan benar, dianya nangkep dengan bahasa daerahnya, Bunda bilang panci dia bingung, Bunda tunjuk barangnya dia ketawa dia bilang itu mangkok, giliran Bunda yang bingung, Bunda tunjuk Baskom dia bilang itu ember, wakakakakakkkk..... terakhir Bunda tunjuk bak mandi dia bilang itu baskom hahahahaa...... parah....parahhh.....

Semoga cerita Bunda dengan PRT baru ini berakhir indah.... amin.... :)

0 komentar:

Posting Komentar

 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design