Rabu, 10 November 2021

PTM, finally 😊

Pagi tadi, si Uni udah dianter masuk dorm, setelah kerempongan selama seminggu untuk persiapan masuk dorm, kelar juga dengan semua dramanya, salah satunya, nyari modem wifi H-1, karena emang baru tau kalo ternyata butuh bawa modem untuk support akses internet di sana nanti :)
Setelah 1,5 tahun belajar dari rumah, akhirnya si Uni ngerasain juga belajar di sekolah, mana masa SMA-nya sisa 3 semester aja. It's okay lah ya Un, yang penting tetep bisa ngerasain SMA plus tinggal sama temen2nya di sana. 

Malam ini malam pertama si Uni nggak di rumah, kalo ditanya apa rasanya? Hhmmm... rasanya yaaah gitu deh, nano-nano. Kalo ngikutin kata hati aja, ya pastinya ngerasa berat untuk pisah sama anak. Berat rasanya untuk melepas dia masuk boarding school, apalagi di rumah biasa tau ada. Kepikiran, bisa nggak ya dia, sanggup gak ya dia, tahan gak ya dia? Nanti kalo dia gak enak badan gimana? Makannya nanti gimana? Dia kurang suka lauk ayam, sukanya ikan-ikanan, ntar makannya cukuo gak ya? Pakaiannya bisa urus gak ya? Bangun paginya nanti susah gak ya? Ah, kalo dipikirin semua, gak akan jadi deh si Uni nge-boarding. Dan rasanya semua pikiran itu hanya akan membuat langkah si Uni terhenti. Sementara ini adalah valuable experience yang akan membantu pertumbuhan dan perkembangannya untuk menjadi manusia yg sebenarnya nanti. 

Dan lagi, buat si Uni sendiri pasti juga berat untuk tiba-tiba harus keluar dari rumah, meninggalkan kenyamanan yang selama ini dia rasakan, tiba-tiba harus melakukan semuanya serba sendiri, harus mandiri, karena selama ini memang masih banyak diurusin di rumah. Mulai dari sarapan yang biasanya disiapin tinggal makan, sekarang mesti cari dulu ke kantin. Makan siang makan malam yang biasanya juga masih seriiiiing banget diingetin, kalo gak diingetin dianya minum susuuu aja terus, trus nyemil yoghurt. 

Dah lah, saya ataupun si Uni sama-sama belajar untuk menjalani chapter baru ini. Yaaah, walopun pas liat kursi depan TV yang biasa dia dudukin sambil ngemil yoghurt dan pegang hape, trus masuk kamar eh liat kursi dan meja kecil yang biasa dia pake zoom, tiduran di kasur noleh ke samping kanan ke tempat dia biasa tidur2an dan tidur beneran, klo diikutin, nih airmata bakal meleleh aja, karena nggak menemukan dia di tempat-tempat tadi, hati berasa berat aja, mulai menerka-nerka, lagi apa si Uni di sana? Bisa tidur gak ya di kamar barunya? 

But, saya termasuk yang percaya bahwa perasaan ibu itu connected dengan perasaan anaknya. Kalo saya mellow, nanti dia di sana ikutan mellow. So, saya mesti bisa menata hati, untuk memikirkan hal2 baik aja untuk dia. Agar si Uni di sana juga hepi ngejalanin hari2nya. Saya percaya, daripada dibikin mellow, daripada dibawa bersedih2 ria, mending saya do'ain aja, semoga anak saya di sana sehat, mampu menyerap ilmu dengan baik,  sehingga menjadi manusia bermanfaat dan bisa mengaplikasikan semua ilmu yang di dapat dalam kehidupan sehari2 nantinya.

Stay strong ya Un, keep healthy, tetep semangat untuk belajar walopun berat, iya jadi anak IPA itu berat, bunda paham. Tapi gak ada yg gak bisa dilewati asalkan kita punya semangat untuk menjalaninya. Nikmati hari-hari Uni belajar dan bermain bersama teman2 di sana. Bangunlah bonding yang kuat dengan lingkungan di sana. Uni akan mendapatkan banyak pengalaman berharga di sana. 

Semoga uni sehat terus, mampu ngurus diri sendiri dg baik, belajar me-manage waktu, punya target yang jelas, tau apa maunya Uni, tau apa passionnya Uni, tau apa yang terbaik buat diri Uni. 

Btw, foto2 yang dikirim oleh pembina asrama dan guru2 di sana, bener2 mengobati rasa rindu, dan membawa rasa lega, alhamdulillah, di foto itu si Uni terlihat baik2 saja :)


0 komentar:

Posting Komentar

 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design