Minggu, 25 Juli 2021

Pejuang Negatif, Part 1

Qadarullah, hari sabtu, tanggal 24 Juli hasil PCR yhnda positif. Berawal dari salah satu teman kantor yhnda dinyatakan positif pada hari jumat siang, tanggal 23 Juli, yhnda dan teman-teman lain yang sempat kontak dengan teman positif, pergi ke rumah sakit untuk antigen. Hasil antigen menyatakan yhnda beserta satu teman lainnya reaktif dan yhnda mesti lanjut PCR hari itu juga. Proses lumayan lama, yhnda selesai PCR sekitar jam 8 malam. Malam itu juga yhnda langsung minta dicarikan tempat untuk isoman ke admin kantor yang udah biasa ngurus pegawai positif dan alhamdulillah dapat. Yhnda minta saya siapin pakaian dan kebutuhan lain di koper tourney, jaga-jaga andai PCR yhnda besok positif, yhnda gak mesti bolbal ambil pelengkapan kebutuhannya. Karena sepengalaman teman-teman survivor, jika hasil antigen reaktif, kemungkinan besar PCR-nya positif, ya Allah...

Jum'at malam itu kami merasakan seperti di iklan-iklan yang pernah tayang di TV. Saya tarok koper yhnda di teras lalu masuk rumah, yhnda turun mobil ambil kopernya, say hai dadah-dadah dari teras dan kami di dalam rumah. Perasaan udah gak keruan. Mendadak pula saya merasakan batuk dan tenggorokan sedikit lengket dan gatel. Entah karena sugesti mendengar berita ini, entah karena emang seharian tadi saya makan agak bablas. Makan gorengan, biskuit, puding dingin, yang biasanya memang, jika saya makan makanan itu efeknya tenggorokan berasa gak enak. Entahlah, yang pasti malam itu sedikit parno, waspada tingkat tinggi. 

Saya langsung maskeran dirumah, lalu maskernya di oles freshcare. Menjelang tidur malam, karena gelisah dg tenggorokan yg nyangkut-nyangkut dan merasa sedikit sesak (saya rasa sesak karena keadaan ini aja), saya tetes minyak kayuputih ke lidah dan telan minyaknya, paiiit 😅 tapi langsung terasa lega tenggorokan, baru bisa tidur, alhamdulillah cukup nyenyak. Pokonya, semua yang pernah di share oleh  teman-teman survivor, semua yang pernah saya baca untuk meringankan gejala batuk pilek, saya lakukan 😁

Yhnda sendiri, so far alhamdulillah baik-baik aja, gak ada gejala apa-apa. Saya berdo'a semoga tetap seprti itu adanya, aamiin. 

Sabtu siang tanggal 24 Juli, sekitar pukul 14.00 wib, yhnda telpon, mengabarkan bahwa hasil PCR-nya positif. Lalu saya dan anak-anak diminta untuk melakukan tes antigen. Jujur, saya langsung lemes, jantung berdegup kencang, pikiran buruk langsung berdatangan. Tapi yhmda memastikan bahwa kondisinya saat ini baik-baik saja, dan meyakinkan saya bahwa walaupun yhnda positif, belum tentu saya dan anak-anak ikut positif. Saat itu juga saya teringat, beberapa teman mengalami hal yang sama, suami positif tapi teman saya dan anak-anaknya alhamdulillah sehat, bahkan mereka ada yg isolasi mandiri dalam satu rumah dan anggota rumah lain tidak tertular. 

Tubuh yang tadinya lemes tidak bertenaga harus dikuatkan. Saya dan anak-anak bersiap, saya pilih RSIA An-Nisa dengan harapan di sana tidak begitu ramai, tidak antri, tidak bercampur sengan banyak orang. Alhamdulillah ketika kami tiba di An-Nisa, hanya ada satu pasien perempuan sebelum kami. 

Anak-anak awalnya khawatir, ini pengalaman pertama kami melakukan tes antigen. Ketakutan jelas. Beruntungnya, pasien perempuan sebelum kami, terlihat sangat santai ketika cotton bud dimasukkin kehidungnya, sehingga anak-anak mendapatkan aura positif dan gak ngerasa takut lagi, thanks untuk mbaknya. Dan ketika tiba giliran anak-anak, airmata mereka ngalir dooonk. Uni bilang agak sakit, mungkin karena dia berusaha nutup jalur hidungnya saat dicolok sehingga terasa sakit. Dedek bilang gak begitu sakit, katanya dia tahan napas dikit, jadi lancar prosesnya. Alhamdulillah hasil tes antigen kami negatif. Saya bisa bernapas sedikit lega. Belum bisa lega, karena malemnya tenggorokan saya kembali gatel dan batuk muncul lagi. Ditambah lagi dengan kondisi yhnda yang hari sabtu pagi itu katanya mulai gak enak badan, terasa pegel-pegel, capek seperti habis kerja berat. Sabtu itu yhnda udah di kirimin obat-obatan dan vitamin oleh dokter. Yhnda minum sanmol dan vitamin2 lain sehingga yhnda seharian bawaannya tiduuuuur mulu. Gak papa lah ya, biar istirahat tubuhnya. Sabtu malem yhnda bilang pegel-pegelnya mulai berkurang. 

Seperti malam sebelumnya, karena batuknya kembali hadir, saya maskeran, oles-oles freshcare di masker, minum air hangat dicampur madu dan lemon, telen minyak kayuputih 😁 alhamdulillah sabtu bisa kami lewati dengan baik.

Hari ini, minggu tanggal 25 juli, saya videocall yhnda pagi dan siang, yhnda masih oke. Tapi malem ini, ketika videocall sekitar pukul 20.00 wib, yhnda pilek, udah meler-meler. Saya ingetin yhnda untuk lapor ke dokternya besok pagi saat konsul, agar dikasih obat flu. Mulai deh saya bawelin yhnda, karena ketika saya tanya jus buah yang saya kirim kemaren sisa berapa, ternyata masih sisa 3 botol. Haduh. Saya langsung tulisin jadwal makan minum yhnda  di wa, biar dia ikutin jadwal itu. Yhnda sih kebiasaan, dirumah juga gitu, kalo gak diigetin suka lupa sama makanan atau minuman yg udah saya siapin, tapi sama kopi gak bakal lupa 😓

Saya sendiri, jelang tidur malam ini kembali dengan dilema yang sama, batuk kecilnya dateng, hadeh... bener-bener lah ini... saya tetes minyak kayuputih di lidah dan telen, tp masih berasa gak enak. Belum plong. Udah minum air anget+lemon, belum lega. Trus inget, salah satu teman pernah bilang, minum tolak angin saat batuk dan tenggorokan gak enak. Saya cem di kulkas, alhamdulillah ada stock tolak angin, saya minum dikit-dikit aja, langsung plong doonk, napas lega, alhamdulillah.. saya minum beberapa tetes aja, udah jauh banget enaknya di dada dan tenggorokan, gak berani minum banyak-banyak, tau deh sama tolak angin aja parno 😅

Mohon do'anya, semoga yhnda dan teman-teman yang sedang isoman sekarang ini segera negatif dan tidak mengalami gejala-gejala yang tidak diinginkan, aamiin ya rabbal 'alamiin.. 

0 komentar:

Posting Komentar

 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design