Sabtu, 17 September 2011

Ngeludah Mulu, Yaiksss...!!!

Salah satu keadaan yang mengganggu banget pas lagi hamil muda gini adalah AIR LIUR BERLEBIH!! asli ga enak banget... Bunda kelimpungan karena sebentar2 ngeludah, baru aja ngeludah eh air liurnya udah ngumpul lagi, yaikksss....!!! Apalagi kalo pas mo tidur malem waddduuhh... jadi ga bisa tidur karena sebentar2 pengen ngeludah alhasil tidurnya diatas jam 1 malem terus, itu juga karena udah kecapean plus ngantuk berraaattt, ough!

Iseng tadi Bunda nge-google, pengen cari tau aja, normal ga sih air liur berlebih gini? Bunda dapet di detikHealth katanya sih its okey, ini adalah hal yang biasa terjadi di awal kehamilan, khususnya pada ibu2 yang mengalami hypermesis gravidarum alias morning sickness yang parah. Lengkapnya baca di link dibawah yaa.... :)

Normalkah Air Liur Berlebih Saat Hamil?

Kamis, 08 September 2011

Semangka Buat Ibu Hamil

Suka semangka? hohohoho... siapa sih yg ga suka semangka, apalagi kalo dimakan pas cuaca lagi panas, wuihhhh....segerrr.....

Kemaren Bunda abis kontrol lagi, gara2nya pas libur lebaran keluar flek, dokter buka prakteknya hari senin tapi Bunda baru bisa ke dokter hari selasa. Alhamdulillah setelah diperiksa ga ada apa2 sama babynya, cuma denyut nya agak lemah karena Bunda kurang makan, aduhh... Bunda takut banget dengernya. Dokter suggest Bunda ngemil makanan yang mengandung protein kaya ikan2an, daging, telur, buah, ough.... dengerin lauk pauk gitu Bunda langsung eneg. Bunda tanya buahnya apa ya Dok? soalnya Bunda milih juga makan buahnya, makan yang manis2 Bunda mual, kalo yang asem2 maag Bunda malah kumat trus heartburn. Bu Dokter bilang makan semangka aja... semangka itu kandungan airnya banyak, bisa untuk ngatasin kekurangan cairan juga, trus karena kandungan airnya yg tinggi buang air kecil kita jadi lancar, nah, dengan lancarnya buang air kecil insyaAllah mualnya juga cepet berkurang, karena di dalam semangka ada zat yang bisa bikin hormon penyebab rasa mual terbuang lewat air seni.

wohohohoo.... penjelasan Bu Dokter lengkap bin komplit, pulangnya Yanda langsung mampir ke toko buah, beli semangka!! hehehe...
Sampe dirumah Bunda langsung potong2 dan nikmatin semangkanya, padahal itu semangka maniiissss banget tapi Bunda ga mual!! ajaib ya... ga tau cuma sugesti atau emang semangkanya langsung bekerja yang pasti malam itu Bunda bisa tidur nyenyak karena mual Bunda berkurang banyaaaaaaakkkk banget...

Oya, barusan Bunda browsing nyari manfaat buah semangka lainnya buat ibu hamil, ternyata manfaat semangka buat kehamilan banyak loh, antara lain :

- Meringankan gejala Heartburn atau rasa panas pada perut
- Mengurangi perasaan mual
- Membantu mengurangi morning sickness pada kehamilan trisemester pertama
- Sebagai penambah cairan tubuh
- Pencegah terjadinya kram otot pada kehamilan trisemester pertama
- Mengurangi resiko terjadinya preeclampsia hingga 50%
- Membantu perkembangan otak, penglihatan, otot, serta sistem imun pada janin

So, buat moms yang lagi hamil, ga usah ragu2 lagi untuk mengkonsumsi semangka, yukkk dicoba :)

Senin, 05 September 2011

Masih Mabok Aja

Hoaaaahhhmmmm.......
Bener-bener minggu-minggu yang penuh perjuangan, perut ga enak, kepala ga enak, makan ga enak, ga makan apalagi, duduk ga enak, tiduran ga enak, oughhh.... semua serba ga enak. Bunda cuma bisa berserah diri aja sama Allah SWT, minta agar maboknya jangan lama2 kalo bisa besok semua keluhannya langsung lenyapppp tak berbekasss... impossible sih but kalo Allah ngijinin, why not? ya ngga? :)

Semalem Bunda kesiksa banget, kena heartburn, mungkin efek dari nggak makan2 kemaren, trus sebentar2 muntah trus ga bisa makan lagi plusss Bunda emang puya maag, jadinya heartburn nya semakin menyiksa. oya tau heartburn kan? itu lohh.....rasa panas atau perih di ulu hati, terasa kaya mau sendawa tapi sendawanya ga keluar2, perut terasa mual dan mau muntah terus, kesiksaaaa bangett... setelah muntah berkali2 tetep aja heartburn-nya ga ilang2, mana udah jam 1 malem Bunda ngantuk, cape, kesakitan tapi ga bisa tidur. Ditengah2 serangan heartburn Bunda inget browsing aja sapa tau ada cara ngilangin heartburn, alhamdulillah nemu, di beberapa situs yang Bunda baca katanya heartburn bisa diilangin dengan minum mylanta, mylanta relatif aman utk ibu hamil tapi tetep harus konsultasi dulu sama dokter. walah, gimana caranya mo tanyain ke dokternya? ga mungkin Bunda telp dokternya tengah malem gini. setelah ngobrol sama yanda akhirnya kita putusin Bunda minum mylanta 1/2 tablet aja, moga2 cukuplah untuk mengatasi si heartburn. Nggak nyampe 5 menit setelah minum mylanta-nya alhamdulillah Bunda sendawa guedeeeee banget berkali2, perut Bunda mulai enakan tapi tetep mau muntah, karena udah ga bisa nahan lagi terpaksa Bunda muntahin aja, ough...perut Bunda baru berasa enaaaaakkk bangeeeett.... Bunda minum segelas air hangat trus langsung masuk kamar, tidurrrr... hehehehe....

Pagi ini bangun tidur rasanya mendingan sih, moga2 sampe ntar malem dan besok2 semakin baik. Biar Bunda bisa maem seperti biasa, biar si baby makin sehat juga, kesian nih beberapa mingggu ini si baby cuma dikasih vitamin dari dokter aja, makanan ga ada yg nyangkut di perut Bunda, doain Bunda get better soon yaaaa.... :)

 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design