Minggu, 25 Mei 2014

Next Journey : Batam!

Batam?
Yups, hari Jum'at kemaren SK mutasi Yahanda akhirnya keluar juga, setelah penantian deg-degan selama 5 bulan ini. Alhamdulillah, masih di Kanwil Pekanbaru, walaupun mesti sedikit menyeberang ke Batam sana. Seperti yang udah diprediksi, perjalanan emang harus dilanjutkan, dengan Batam sebagai next destination. Najla masih belum ujian semester, jadi sementara Yahanda duluan yang ke Batam, Bunda dan anak-anak belum tahu.Tunggu Najla beres dulu semesterannya.

Yang paling berat untuk ikut pindah itu Najla sih, dia masih pengen sekolah di sini. Kali ini Najla protes, bilang capek kalo pindah lagi, cari temen baru lagi. Mungkin trauma di bully temen-temen barunya waktu pindah ke sini kemarin masih terasa. Sepertinya Najla takut hal itu terjadi lagi kalo dia pindah sekolah lagi. Fiiuuhh... emang kasihan Najla sih, mesti adaptasi tiada henti.

Di satu sisi, seneng bisa punya kesempatan mengunjungi dan tinggal di kota Batam. Siapa sih yang nggak tahu Batam? :) Sisi lain, yahhh... gitu deh, kasihan sekolahnya anak-anak. Jujur saja, Bunda enjoy dengan perjalanan ini, kalo Yahanda kerjanya nggak pindah-pindah, belum tentu Bunda bisa mengunjungi daerah-daerah yang udah pernah kami tinggali selama ini. Mau ngapain coba ke sana kalo nggak ada tujuan? Karena pekerjaan Yahanda, kita semua jadi punya kesempatan untuk merasakan udara di daerah berbeda, berbaur dengan aneka sosial budaya, mendapatkan pengalaman baru beberapa tahun sekali, it's amazing, menyenangkan! Kecuali bagian packing barang, hehe. Thanks to the company for those trips.Tapi, gimanapun juga, semua memang ada positif dan negatifnya. Suka nggak suka, setiap pilihan ada plus minusnya.Seperti sekarang, dilanda galau karena berbagai pertimbangan.

Yaaaa..... jalani sajalah. Toh ini bukan hal baru lagi. Konsekuensi ini udah kita ketahui sejak dulu. Jadi nggak pantes banget kalo mengeluh, malu, hehe. Okey, Batam, see you soon :)








Eggless Chocolate Cake

Pagi-pagi kepikiran mau bikin Eggless Chocolate Cake, resepnya dapet dari Tante Dedek. Beberapa hari yang lalu Tante Dedek pajang kue coklat di DP BBM-nya, wuihhh... sukses bikin ngiler. Nggak nunggu lama Bunda segera BBM Tante Dedek nanyain resepnya. Hari ini, dibantu Najla, aslinya Najla sih yang masuk-masukin bahan, mengaduk, sampe menuang ke cetakan. Bunda cuma sebutin aja takaran bahannya berapa. Dengan senang hati, bergaya ala chef junior, Najla mencampur bahan satu demi satu hehe.  Buat yang mau bikin, ini Bunda share resep dari Tante Dedek ya... 

Bahan :
  • Tepung Terigu 160 gr
  • Gula pasir 160 gr
  • Coklat bubuk 50 gr
  • Baking Powder 1/2 sdt
  • Baking soda 1/2 sdt
  • Garam halus 1/2 sdt
  • Pasta coklat 1 sdt
  • Susu cair 300 ml
  • Mentega cair 100 ml
  • Gula bubuk untuk taburan

Cara Membuat :
  • Panaskan kukusan
  • Campur semua bahan dalam wadah, kecuali susu cair dan mentega cair, aduk rata dengan whisk (pengaduk adonan)
  • Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit ke dalam adonan hingga habis sambil terus di aduk rata
  • Kemudian tambahkan mentega cair, aduk lagi hingga rata
  • Setelah semua adonan tercampur, tuang adonan ke dalam cetakan plastik kecil, lalu kukus dengan api besar 10 menit.
  • Setelah cake matang, keluarkan dari cetakan, dinginkan, lalu taburi dengan gula bubuk.
  • Eggless chocolate cake ready to serve :) 

 
Hmmm.... Eggless chocolate cake-nya moist, enak deh :)

Catatan :
  • Mentega cair bisa diganti dengan minyak goreng. Resep aslinya dari Tante Dedek itu pake minyak goreng. Karena Bunda kurang suka minyak goreng, jadi Bunda ganti dengan mentega cair aja. Takarannya sama, 100 ml juga.
  • Karena pake cetakan plastik, jadi cetakan tidak perlu lagi diolesi dengan mentega, karena udah cukup licin. Cake-nya bisa langsung dikeluarkan dari cetakan setelah matang.
  • Ini tadi Bunda pake cetakan puding Najla yang punya berbagai macam bentuk. Ada ikan, beruang, kuda nil dll, tapi di sini nggak keliatan ya bentuk binatangnya hehe....

Selasa, 13 Mei 2014

Alexa Rank

Dari tadi udah bolak-balik nge-gugel nyari cara masang Alexa Rank di blog. Begitu Bunda praktekin kok ngga bisa ya? Katanya web Alexa dalam perbaikan. Nggak bisa akses ke link: http://www.alexa.com/siteowners/widgets. Duh, jadi stress sendiri, gimana caranya biar bisa nampilin widget alexa di blog?

Setelah nge-klik beberapa tutorial akhirnya Bunda nemuin blog mulanovic, langsung dikasih cara terbaru untuk memasang widget Alexa di blog. Bunda cobain, dan tarrrrraaa! langsung muncul berukut rank blog ini yang ternyata masih jauuuuuhhh banget, di angka 15 juta lebih, muehehehew. Nah buat yang mau masang widget Alexa Rank ga pake ribet klik aja link diatas. It's work! :)


Minggu, 11 Mei 2014

Stop ASI Ya, Dek :)

Shaqeela udah 2 tahun, udah waktunya untuk disapih. Ternyata menyapih Shaqeela lebih susah dibanding Najla dulu. Najla udah bisa lupa sama ASI setelah dua minggu. Shaqeela, sampe sekarang, hampir tiga minggu, masih suka inget ASI. Dan kalo udah minta ASi, susaaaaaah banget buat bilang enggak. Dialihkan dengan apapun nggak mau. Beberapa hari belakangan ini makin parah, dia udah bisa marah, nangis teriak kenceng-kenceng. Ough!

Bunda emang nggak langsung menghentikan ASI Shaqeela. Bunda sapih secara bertahap, biar dia nggak kaget dan biar Bunda nggak sakit juga. Seperti yang pernah Bunda lakukan ke Najla dulu, awalnya Shaqeela nggak dikasih ASI lagi pagi hari. Setelah jam 12 siang baru Bunda kasih. Udah mulai anteng nggak mimik ASI pagi, naik tingkat nggak mimik ASI dari pagi hingga jam 6 sore. Kasihan sih ngeliatnya nikmat banget mimik ASI setelah jam 6 sore. Kaya dapet apaaaa gitu :)
Tahap itupun sukses. Lanjut ke tahap berikut, nggak mimik ASI sampe malem, alias 24 jam. Duhhh, paling susah pas bobok malem ini.  Dia nangis-nangis bombay minta mimik. Teriak-teriak sampe batuk trus akhirnya muntah. Aduuuuhhh... bener-bener nggak tega tapi ya gimana. Akhirnya ngalah. Kalo dia udah ngamuk dengan terpaksa akhirnya Bunda kasih lagi. Mission Failed!

Sempat kepikiran untuk ngolesin apa gitu di dada biar Shaqeela nggak suka rasa ASI-nya, cuma bingung mau ngasih apa yang nggak bahaya kalo ketelen sama dia. Pilihan jatuh pada jeruk nipis. Rasa asamnya pasti nggak enak banget. Yup, pas Shaqeela minta ASI bunda olesin dulu air jeruk nipis di sekitar aerola tanpa sepengetahuan dia. Bener deh, begitu lidahnya menyentuh aerola, Shaqeela langsung bermuka aneh, matanya merem melek, ekspresi menahan kecuuttt.... hahaha. Yeayyy!! Berhasil. Shaqeela nggak mau lagi nyobain ASI-nya. Cara ini berhasil selama beberapa hari, tapi tetep Shaqeela belom lupa, tiap hari masih minta mimik ASI dan baru berenti setelah ngerasain asemnya.

Cumaaaaa, beberapa hari ini kayanya dia mulai pinter. Dia nekat tetap menghisap ASI, nahanin rasa kecut dilidahnya. Lama-lama rasa asem dimulutnya  hilang kesiram ASI. Misi kembali gagal total. dengan penuh kemenangan Shaqeela tidur malem dengan mulut menempel di dada Bunda, haiyyaaa....

Susahnya lagi, kemaren Yahanda keluar kota seminggu poll. Jadi nggak ada orang yang membantu Bunda mengalihkan perhatian Shaqeela dari ASI. Sekarang Yahanda udah di rumah. Dua malam ini Shaqeela tidur sama Yahanda. Mulai dari prosesi gosok punggung menjelang tidur hingga pagi hari. Karena kalo masih Bunda yang nidurin, Shaqeela pasti tetep minta ASI. Syukurnya Shaqeela suka banget punggungnya dielus-elus menjelang tidur, kalo tangan kita berenti dia protes, haha. Jadi mesti bergerak terus, walaupun cuma satu jari digerakin atas bawah, pokoknya ada yang gerak aja dipunggungnya. Jadilah Yahanda dapet tugas menggosok punggung, hihi.

Cara sapih ASI bertahap seperti ini memang hasilnya lama. Tapi Bunda pikir ini yang terbaik. Karena dengan bertahap, anak nggak merasa ditolak. Karena ASI buat anak bukan hanya sekedar menghisap susu. Proses pemberian ASI juga merupakan bentuk kedekatan sempurna antara anak dengan ibunya. Jadi kalo mendadak di stop dan dilarang, takut aja ntar dia merasa ditolak atau nggak disayang yang bisa berakibat nggak bagus buat mentalnya. Satu lagi, dengan menyapih ASI secara bertahap, menghindarkan ibu dari rasa sakit karena payudara bengkak kepenuhan ASI. Seperti kita tahu, ASI itu supply on demand. Persediaannya tergantung kebutuhan. Semakin sering bayi menghisap payudara maka produksi ASI semakin lancar. Sebaliknya jika hisapan berkurang otomatis produksi ASI juga akan berkurang. Hingga lambat laun berhenti sama sekali. Dengan menyapih bertahap, berarti poduksi ASI akan berkurang secara bertahap juga dengan alami. Berkurang juga resiko payudara bengkak dan sakit karena kepenuhan ASI.

Kembali ke Shaqeela. Semoga dalam waktu dekat Shaqeela bisa lepas dari ASI. Nggak apa-apa ya, Dek. Biarpun udah nggak mimik ASI, kita masih bisa peluk-pelukan kok :)

Minggu, 04 Mei 2014

Escape From Pekanbaru

Yup, bener, we are escaping from the foggy Pekanbaru.

Maret lalu, kembali terjadi pembakaran lahan gila-gilaan di Riau dan sekitarnya. Bunda udah cerita kan ya, tentang libur sekolah berkepanjangan Maret kemaren. Pertengahan Maret asap semakin menggila. Kota tidak lagi abu-abu, tapi nyaris memerah. Kadar racun dalam udara sudah berada pada tahap bahaya. Akhirnya kami memutuskan untuk mengungsi ke Padang sementara waktu. Sekolah Najla juga kembali diliburkan. Yahanda minta cuti seminggu dari kantor. Segera saja kita berangkat ke Padang, escaping sekaligus mudik, horeeee :)

Kami berangkat jam 9 pagi, tepat di hari kedatangan Bapak SBY ke Pekanbaru untuk meninjau kondisi asap. Ya ampun Pak, sebulan kemaren kemana aja? Kenapa juga baru sekarang datang untuk marahin Gubernurnya? Lupakan, biarkan mereka mengerjakan tugasnya.

Lanjut cerita, Alhamdulillah nyampe di Padang pas maghrib waktu Padang. Ternyata kabut asap juga menyelimuti Padang dan sekitarnya, tapi masih mending, ga separah Pek anbaru yang udah bikin sesak napas. Dua hari berturut-turut kami di Padang, hujan lebat mengguyur. Asap di langit padang pun menghilang. Alhamdulillah. Beritanya di Pekanbaru juga turun hujan dan asapnya menipis, Alhamdulillah lagi.

Najla tidak menyia-nyiakan kesempatan. Agenda utamanya ke PANTAI. Yup, Najla suka banget main ombak pantai. Padahal pasir pantai padang itu hitam legam, tapi tetep aja Najla suka. Karena di Pekanbaru ga ada pantai, hehe. Dulu, di Palembang juga sama. Nggak ada pantai. Jadi kalo ke Padang, pantai jadi tempat tujuan favorit Najla.

Shaqeela yang baru dua kali liat pantai, awalnya takut-takut. Dulu ke pantai waktu umurnya masih satu tahunan, jadi kayanya nggak inget kalo dia pernah main di pantai dan nggak kalah excited dibanding Najla. Begitu diturunin, Shaqeela menarik kakinya dan bergelantungan sama Yahanda, nggak mau nginjek pasir, takut liat air yang datang dan pergi, hihi. Tapi karena ngeliat Najla asyik basah-basahan main air, pelan-pelan Shaqeela mau main, awalnya kena air dikit, eh lama-lama makin berani. Yahanda jadi kewalahan megangin Shaqeela yang mau ngejar ombak hingga ke tengah, ups! :D

Sayang, liburannya nggak jadi seminggu. Hari ketiga di Padang, wali kelas Najla nelpon, ngasih tahu kalo sekolah udah dimulai. Mana mau ujian Mid Semester, Najla harus segera masuk. Dengan berat hati malamnya kami packing dan besok paginya langsung berangkat, balik ke Pekanbaru. Yah, mau gimana lagi. Cuti yahanda juga belom abis. Lagi-lagi, its okay-lah. Paling tidak, kita udah bisa mudik walupun cuma beberapa hari, bisa ketemu kakek nenek Najla dari Yahanda, bisa menikmati pantai, bisa menikmati barisan Bukit Barisan sepanjang perjalanan, sempet poto-poto juga di air terjun Lembah Anai Padang Panjang. not bad at all :)
 Najla pengen banget turun ke kolam air terjun

 Yuhuuu... dibawah sini dingiiinnn

 Shaqeela takut liat air terjunnya :)

 Haha, :D

 Selfie family :D

 pose dulu sebelum basah :)

 Yak, Mulaaaiiiii...... tangannya udah penuh pasir

 Shaqeela berontak dari pegangan :D

Asyik ya, Dek. Basah-basahan :D

Taman Wisata Alam Mayang

Minggu, 16 Februari lalu, kita sekeluarga piknik ke Alam Mayang. Tempatnya nggak begitu jauh dari rumah, Harapan Raya teruuuuusss ke atas. Buda nggak tahu juga nama daerah tempat Alam Mayang berada itu namanya apa. Alam Mayang berupa kawasan taman luas, banyak pohon, dilengkapi dengan aneka permainan. Ada kolam pancing, kolam sepeda air, juga ada playground dengan berbagai mainan seperti komidi putar, carousel, bombom car dan banyak lagi.

Sampai di Alam Mayang ternyata sudah rammeee.... banyak kelomok-kelompok yang sedang bikin acara, seperti outing gitu. Di areal luas seperti itu jadi tidak saling merasa terganggu walaupun banyak orang mengadakan acara kelompok masing-masing. Kami pun mencari tempat yang nyaman untuk gelar tikar. Pekanbaru dimusim panas akan sangat panas. Mataharinya garang. Kami mencari tempat yang punya pohon lumayan besar ubtuk berteduh, agar anak-anak juga merasa nyaman dan tidak kepanasan. Begitu dapet tempat yang cukup oke, karena tempat-tempat strategis sudah di isi sama yang datang duluan, kami gelar tikar dan ngeluarin ransum. Najla dan Shaqeela senang sekali berada di tempat terbuka seperti itu.

Nggak nunggu lama, Najla langsung merengek minta main sepeda air yang berbentuk  bebek-bebekan. Shaqeela juga nggak mau kalah, pengen ikutan. Penumpang sepeda air dibatasi cuma 3 orang aja. Jadilah Yahanda main dengan anak-anak. Bunda sama Andung nungguin aja di pinggir kolam. Nggak tahan nunggu, akhirnya Bunda sama Andung sepakat nyewa juga, dan keliling kolam juga hehe. Sepeda Bebek kami kayuh mendekati Yahnda, ngeliat Bunda sama Andung, Shaqeela jadi pengen pindah ke tempat kita. Terjadi transfer anak di tengah kolam haha. Ternyata capek juga mengayuh sepeda airnya. Mana cuaca panas banget, penutup kepala sepeda airnya tidak cukup memadai untuk mlindungi kita dari sengatan matahari. 15 menit berlalu, nomer sepeda bebek kita dipanggil, artinya waktu sewanya sudah habis,. Kami segera menepi untuk mengembalikan sepeda airnya. 

Kembali ke gelaran tikar, kita semua makan siang. Trus shalat. Di Alam Mayang ada mushallanya. jadi nggak repot nyari tempat shalat. Abis shalat, tiba-tiba ada mobil panjang dengan body berbentuk kereta api lewat. Wah, Shaqeela langsung ribut minta naik keta api tutut (sebutan Shaqeeela untuk kereta api). Bunda stop mobil kereta api-nya, Shaqeela naik sama Andung, Bunda ga ikutan, jaga lapak aja. Najla juga udah ngider sama Yahanda, pastinya nyatronin playground.

Kita di Alam Mayang sampe jam 4-an sore. Abis ashar kita siap-siap pulang. Badan rasanya lengket karena keringat. Cuaca bener-bener panassss tanpa angin. Tapi walaupun begitu, we enjoyed this family picnic :)


naik sepeda air, seru!! :)

 
Shaqeela udah pindah tempat, hehe

couple of the year :)

siap-siap makaaaannn :)

bobok apa bobok nih?

April's Luck (Late Post)

It's May!

Alhamdulillah masih diberi kesehatan hingga hari ketiga bulan Mei ini. April berlalu dengan cepat. Banyak cerita dalam April yang belum sempat ditulis. Banyak hari bahagia yang juga dirayakan pada April. Milad 2 tahun Shaqeela 16 April, dilanjut milad Najla 8 tahun 17 April.  Kebahagiaan lain, bunda punya dua buku! Antologi Pilihan Wanita #3 terbitan Goresan Pena Publishing akhirnya sampai ditangan. Disusul oleh novel Keping Hati yang juga selesai cetak, wiiihhh ... senangnya ....!!

Finally, Bunda punya buku juga. Ini membuat semangat makin membara untuk terus mengasah kemampuan menulis. Kemaren Bunda ikutan event Asma Nadia,The Jilbab Traveller. Deg-degan nunggu hasilnya. Secara yang ngirim naskah pasti banyak banget dan pasti bagus-bagus. Kalopun nantinya tidak masuk, ya it's okay-lah. Tidak perlu berkecil hati, karena itu berarti harus terus belajar untuk menjadi lebih baik. Ya nggak? :)

Sebenarnya April kemaren banyak event bagus yang terlewat. Kerjaan rumah rasanya nggak habis-habis. Bunda jadi nggak punya energi lagi untuk nulis. Ide ada, tapi otak mampet kalo udah capek. Ide yang ada cuma jadi sekedar ide tanpa bisa diolah jadi tulisan utuh. Semoga bulan ini  bisa ikut event lain, dan bisa punya buku lagi, aamiin ya rabbal 'alamiin :)

Yes, ada nama Bunda di dalam sini
Novel Keping Hati dan Antologi Pilihan Wanita #3

 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design