Senin, 16 Desember 2013

Semoga Allah Melindungimu


Pukul 09.00, mentari bersinar sangat terik sedari pagi seolah ingin menghisap habis sisa-sisa hujan yang seminggu ini memayungi langit. Aku diperjalanan pulang dari pasar, seperti biasa, membeli kebutuhan dapur untuk satu minggu. Jalanan tidak begitu ramai, hingga di salah satu pertigaaan Jalan Harapan Raya lampu merah menyala, aku berhenti. Tiba-tiba mataku tertumbuk pada sesosok anak laki-laki usia remaja, memakai baju abu-abu dan celana selutut abu tua, sebuah tas kecil terselempang membalut tubuhnya. Duduk sendiri di pembatas tengah jalan, bermandi peluh ditimpa matahari. Anak itu menatap kosong ke langit, kemudian tersenyum entah dengan siapa, masih menghadap langit. Ya Allah, seketika hati ini menyadari, anak laki-laki itu keterbelakangan mental. Dari balik kaca mobil kucoba kulihat ukuran tubuhnya normal, tapi sepertinya dia punya masalah dengan kaki, dengan jarak seperti sekarang dengan dua mobil berada di depan, aku tidak bisa melihat dengan begitu jelas bagaimana rupa kakinya, kaki itu terlipat dan sesekali ia selunjurkan, mungkin untuk menghilangkan penatnya duduk di pembatas jalan itu. Lampu hijau menyala, saat melewatinya kulontarkan selembar uang ke arahnya, pikirku mungkin ia adalah penghuni baru pertigaan ini. Karena setelah hampir setahun melewati jalan ini untuk mengantar dan menjemput anakku ke sekolah dan berbelanja ke pasar, baru kali ini dia terlihat.  Biasanya yang mangkal disini sepasang suami istri dengan suaminya yang buta dan seorang ibu yang menggendong bayi berkeliling meminta belas kasihan pengendara yang terhenti di lampu merah ini.

Pukul 11.00, lagi-lagi melewati jalan Harapan Raya, mengantar sulungku sekolah. Sepulang dari mengantar si kakak, kembali aku dihadang lampu merah pertigaan itu. Kali ini aku berhenti tepat di depan anak laki-laki tadi, dia masih duduk ditempat yang sama, dengan posisi yang sama. Allah, aku bisa melihat dengan jelas, selain keterbelakangan mental, kakinya cacat, bentuknya pipih dan bengkok. Aku yakin dia tidak bisa berjalan dengan kondisi kaki seperti itu. Lalu siapa yang meletakkannya disini? Terpanggang matahari yang semakin terik. Anak siapa dia? Tidak mungkin dia bisa tiba-tiba duduk di tengah pembatas jalan dua jalur ini. Dengan kondisi mental seperti yang terlihat rasanya juga tidak mungkin dia berinisiatif ngesot ketengah sini, menyeberangi jalan yang lumayan ramai dilalui motor dan mobil. Gerakannya pasti sangat terbatas, akalnya tidak memungkinkan dia untuk berfikir bisa berada ditempat ini. Pasti seseorang yang sengaja membawa dan meninggalkannya ditengah-tengah sini. Keringat bercucuran, menghisap debu jalan dan asap kendaraan yang lalu lalang tiada henti karena jalur ini lumayan padat setiap harinya. Lampu hijau menyala, kupacu kendaraan menuju rumah dengan harapan ada yang segera mengambil dan membawanya pulang. Ya Allah lindungi anak itu.

Pukul 13.30, aku menjemput si kakak dari sekolah. Karena ujian sudah selesai hari Sabtu kemaren, hari ini kegiatan di sekolah tidak begitu banyak, jadi pulang lebih cepat dari biasanya. Melewati jalan Harapan Raya, mendekati pertigaan, mataku mencari-cari si anak lelaki berbaju abu, tidak kutemukan dia di tengah jalan. Aku lega berarti dia sudah pergi atau sudah diambil oleh orang yang meletakkannya di sana. Baru saja kata syukur terucap dari bibir ini, tiba-tiba mataku menangkap seorang laki-laki berdiri di badan jalan sebelah kiri, menenteng remaja berbaju abu, ya menenteng bukan menggendong, karena dia memegangi bagian ketiak anak itu kiri dan kanan, posisi tubuhnya menggantung, pasti rasanya tidak nyaman sekali dengan posisi seperti itu. Sepertinya pria itu hendak menyeberang, kulajukan kendaraan pelan-pelan melewati mereka, kuamati, wajah pria setengah baya yang menenteng itu sangat mirip dengan si bocah abu. Sepertinya itu ayahnya. Duh…hatiku mencelos, rupanya pria ini yang telah tega meletakkan anak malang ini di tengah jalan.
Sepulang dari sekolah, pastinya aku kembali melewati pertigaan itu. Di sana, anak laki-laki itu duduk di posisi semula, sendiri, berteman debu, asap dan sinar matahari.
Aku kehabisan kata untuk diucapkan dalam hati, tiga kali bolak balik melewati jalan ini sedari pagi, membuka matahati. Mungkin pergi dari dunia ini akan lebih baik baginya, berada disisi-Nya, daripada harus hidup disia-siakan seperti itu, dijadikan pengemis. Teganya! Tabah ya nak, semoga Allah selalu melindungimu, memberi yang terbaik buatmu. Kau tahu Nak? Sebenarnya surga telah menantimu.

Kamis, 05 Desember 2013

Galau Mode : ON

It's December!

Hampir setahun kami di Pekanbaru, tepatnya 7 Januari besok hari jadi 1 tahun di kota ini. Semuanya baik-baik saja, hingga tadi sore Yahanda terima SMS dari Bapak pemilik kontrakan. Yup, resiko sebagai penduduk nomaden, dimana-mana kami harus mengontrak rumah. Entah kapan bisa menetap di rumah sendiri, tanpa harus pindah-pindah lagi. Pertanyaan yang tidak butuh jawaban sebenarnya. Yahanda akan tetap muter seperti ini hingga pensiun nanti. Jadi yaaa... selama kami masih ingin tetap berdekatan tinggal dalam satu rumah, Bunda dan anak-anak harus ikut kemana saja Yahanda dimutasikan, yang berbanding lurus dengan kepindahan demi kepindahan. Duh, malah curhat?

Jadi... tadi Bapak kontrakan mengingatkan bahwa batas kontrak kami hampir habis. Sebenernya tanpa diingatkanpun kami ingat kapan kontrakan ini berakhir.  Kami sudah terlatih dalam hal kontrak mengontrak seperti ini. Delapan tahun menikah, tujuh tahun kami habiskan berpindah dari satu kontrakan ke kontrakan lain, dari satu kota ke kota lain.

Lalu masalahnya apa sekarang?
Masalahnya, kami bingung memilih untuk meneruskan kontrakan atau mencari rumah lain alias move on dari sini. Di SMS-nya si Bapak menyatakan harga sewa naik 1 juta dari tahun kemaren, di luar deposit, hmm... kontrakan pake deposit loh. Maksudnya deposit di sini adalah kami menaruh uang pemeliharaan rumah sebesar 1 juta kepada si Bapak. Gunanya uang itu untuk biaya pemeliharaan. Jika dalam masa kontrak kami rumah ini ada yang rusak, kerannya jebol, service AC, pompa air ngadat dan lain-lain, biaya perbaikannya dibebankan kepada kami, dengan memotong deposit yang satu juta tadi. Saat kami keluar dari kontrakan, sisa deposit (jika terpakai) akan dikembalikan. Kalau tidak ada yang rusak ya selamatlah deposit yang sejuta itu kembali ke tangan dengan utuh.

Tapi so far, kalau ada yang rusak-rusak gitu, untuk tenaga tukang segala macem, kami tidak perlu repot lagi mencari, si Bapak sudah punya tukang langganan. Beliau tinggal panggil, hup, tukangnya dateng. Enak sih, tidak merepotkan. Tuuuh kann... kejadian deh cerita keluar jalur lagi.

Jadi, karena uang kontrakan naik sejuta, Bunda sama Yahanda ragu, mau diteruskan atau bagaimana. Karena jika dilihat dari kondisi rumah yang berupa rumah petak, dua kamar, ukuran pas-pasan, rasanya jumlah segitu nggak cocok, kemahalan. Ini aja barang-barang Bunda sampe sekarang masih ada yang ngendon manis dalam kardus, tersusun di ruang tamu yang merangkap ruang keluarga rangkap ruang tivi. Kebayang kan pengapnya rumah kami? Kamarnya nggak pake ventilasi. Untung ada AC. Kalo nggak, huadduhhh... bisa berkuah setiap malam tidur di kamar yang ga ada celah buat udara keluar masuk. Sirkulasi udara itu hanya dari pintu masuk depan dan pintu dapur di belakang. Then, no jendela or ventilasi lain. Nekat banget yak bikin kontrakan? Beginilah situasi dan kondisi perumtak (Perumahan Petak) yang di bangun berjejer 8 unit yang kami tempati.

Trus, kok bisa tinggal disini?
Kami pindah kesini terburu-buru. Harus mengejar semester baru. Biar Najla nggak repot menyesuaikan diri dengan pelajaran di sekolah. Kebetulan SK mutasi Yahanda keluar pas saat ujian semester sedang berlangsung di Palembang. Dan ternyata di Pekanbaru sudah selesai. Ketika sekolah Najla di Palembang terima raport dan libur, disini malah sudah masuk lagi. Jadi kami benar-benar dikejar deadline untuk segera pindah kesini. Sementara Yahanda belum bisa berangkat pindah karena harus menyelesaikan kerjaan yang gantung di kantor. Jadi urusan mencari kontrakan Yahnda minta tolong pada salah satu sodara jauh, daannn rumah inilah pilihan terbaik yang didapatkan oleh sang sodara pada saat itu. Terlepas dari ukurannya yang mini, kondisi rumah ini oke, bersih, lantai full keramik, dapur walaupun mini banget tapi komplit dengan bak cuci piring dan tempat kompor, kamar mandi bersih, sumber airnya berupa sumur yang dikasih pompa otomatis, jadi nggak khawatir air mati atau kekurangan dimusim kemarau. Cuma ya kuat-kuatin aja liat tagihan listrik hehe. Dibelakang ada kran untuk selang mesin cuci, jemuran juga ada. Lokasinya juga deket dari kantor, sekolah, dan mesjid. Strategislah. Mungkin faktor yang Bunda sebutin belakangan ini yang membuat si Bapak berani pasang tarif mahal untuk kontrakannya.

Terlepas dari itu semua, yang bener-bener bikin Bunda galau itu ya Najla. Kalo kami pindah nyari kontrakan lain, nanti ngajinya gimana? Najla baru aja mulai akrab dengan teman-teman di MDTA-nya. Iya, karena najla sekolah di SD Negeri yang belajar agama cuma dua jam. Jadi untuk menambah pengetahuan agamanya, Bunda masukin Najla ke MDTA. MDTA ini berada di sebuah mesjid yang deket banget dari rumah, cuma berjarak 5 rumah dari kediaman kami.  Kalo sekolah sih nggak masalah, Bunda bisa anterin seperti biasa, tapi kalo MDTA? akan sangat repot dan melelahkan buat Najla jika harus tetap di MDTA yang sekarang. Karena jeda waktu antara pulang MDTA dengan jadwal sekolah Najla itu cuma 2 jam. MDTA jam 07.30-10.00. Sekolahnya dari jam 13.00 siang. berangkat dari rumah sekitar pukul 12.30an. Lalu kalau kami mencari rumah baru, yang rasanya nggak akan ada di sekitar sini, karena kemarin-kemarin kami udah berusaha nyari alternatif kontrakan yang deket sini tapi nggak dapet, otomatis mesti nyari diluar lingkungan sekarang. Nah kalo MDTA-nya dipindahin ke yang deket dengan rumah baru nanti, kasihan Najla harus kembali beradaptasi dengan teman baru, lingkungan baru, ustad baru lagi. Selain itu, Najla juga bisa kecapean tiap hari harus menempuh jarak jauh dari rumah ke MDTA, trus lanjut sekolah tanpa bisa istirahat dulu. 

Duh...bener-bener galau tingkat dewa ini. I really dont know what to do.

Selasa, 19 November 2013

Tentang Keping Hati

Proyek calon Novel keroyokan Tentang keping Hati masih lanjut. Nah biar nggak ilang, disini Bunda taro lengkap  keping-keping yang udah launching di KBM ya, happy reading :)
Keping Hanny 2
Keping Mela 2
Keping ilma, Bambang, Mela
Keping Rheina dan Ruly



Sabtu, 16 November 2013

A to the P to the E to the S

APES
Kata untuk hari ini.
Gimana nggak apes? 
Tadi Bunda mau ke Panam, rencananya mau lewat ke  Jl. Arifin Ahmad aja. Abis anter Najla skul brummmm Bunda lanjut ke Jl. Sudirman, ngeliat tempat muter di depan, langsung putar balik, wussss langsung masuk belokan sebelah kiri, pede abis itu Jl. Arifin Ahmad. Daaaann... taraaa... kaget setengah idup, kendaraan dari depan Bunda melaju kenceng semua, trus ada yang teriak" woooyyy....lewat mane niihh?" 
Haaa???? Bunda mulai panik, salah jalan, jalan ini dua jalur dan posisi Bunda sekarang melawan arus, huaaaaa....Bunda minggir dan eng ing eeeengg... datang Pak Polisi, alhamdulillah.... Pak pol minta suratsurat kelengkapan, Bunda kasih, trus Pak Pol memandu untuk putar arah, putar balik, kendaraan di depan di suruh berenti semua ngasih Bunda jalan, udah kaya Ratu hihihi... setelah balik segeralah Pak Pol menggiring ke pos nya diseberang jalan. Daaaannn kena tilang, huaaaaa..... Pak Pol-nya nggak terima alasan Bunda nggak tau jalan. Pelanggaran is Pelanggaran. Tetep di tilang karena Bunda dinilai kurang awas merhatiin rambu2 lalu lintas, jelas2 di depan terpampang besar rambu2 "Forbidden". 

Ya sudahlah pasrah aja, ditilang deh. Next time mesti hati2 lagi. Ini pertama kalinya Bunda kena tilang dengan kesalahan yang fatal. Heran deh kok bisa gitu mata ga ngeliat rambu2 segede gajah gitu, trus kok bisa Bunda lupa jalan padahal udah pernah lewat situ walaupun jarang. Kok bisa ini kok bisa itu dengan segala kok bisa yang bergelayut di kepala. Kembali lagi ya sudahlah, anggap saja ini teguran dari Allah, untuk lebih berhati2 lagi.

Sabtu, 09 November 2013

Lazy Day

Yup, hari ini bener-bener Lazy Day Bunda.
Nggak masak, nggak nganter jemput Najla sekolah, cuma beberes dirumah dikit aja. Abis itu? Bobo-bobo leyehan sama Shaqeela, bablaaassss sampe sore. Trus...kira-kira jam 16.30 sore kita semua ( Yahanda, bunda, Andung, Najla n Shaqeela ) jalan ke Mesjid Agung An-Nur, mesjid terbesar di Pekanbaru sini. Disitu seru, arealnya luaaaaaas, ada track untuk jogging, main bola kaki, trus bagian yang ada rumputnya juga luas. Najla bawa set badmintonnya, padahal belum bisa main hihihi, Shaqeela bawa bola, hadduh...cewe kok bawa bola? it's okey, kan lumayan untuk ngelatih motorik kasar Shaqeela, biar lari-lari ngejar bolanya. 

Nyampe An-Nur, langsung deh kita nyari posisi yang pas buat main. Ups Najla ngeliat sewaan mainan yang mirip sepeda gitu tapi lebih pendek trus untuk menngayuh kendaraan mirip sepeda itu kakinya memanjang ke depan, bukan kebawah kaya sepeda biasa. Bunda ngga tau juga itu namanya apaan. Laris juga rentalannya, tadi Najla nunggu 5 menitan baru dapet antrian, Najla minta main selama setengah jam dengan harga sewa 20 rb. Najla muter-muter dengan sepeda pendeknya, Yahanda main bola sama Shaqeela, Bunda dan Andung main bulutangkis alakadar hehehe, lumayan ngeluarin kringet. Jam 17.30an angin mulai kencang, awan tebal mulai menghitam, kayanya mau hujan. Semua aktivitas berenti, kita buru-buru ke mobil mo jalan pulang aja. Bener deh, nggak lama sampe dirumah hujan turun, nggak begitu lebat sih tapi awet, sampe Bunda nulis ini hujan masih belum berenti.

Najla tadi bobo cepet banget, jam 19.30 udah tepar, kali kecapean karena dari pagi ga ada istirahat. Shaqeela baru bobo jam 21.00 pake dikelonin dulu. Gerimis masih turun, laper, mo makan nasi nggak selera. Bunda ajak Yahanda keluar cari makanan, pengen cari yang anget-anget (bobo aja Bun pake selimut tebel pasti anget haha). Ya udah kita jalan, berdua ajah, andung dirumah sama anak-anak yang udah pada bobo pules. Itung-itung Bunda kembali ke masa (tuut-tuut) an lah sama Yahanda hihihi *minjem istilahnya salah satu temen di KBM*
Sempet bingung mo nyari makanan apa. Tiba-tiba Bunda inget warung tenda pinggir jalan yang pernah di rekomendasiin sama Moza n Mitha (temen SMA Buda yang tinggal disini), Bunda pernah dikasih ancer-ancer jalannya, deket Ramayana situ. Yahanda setuju nyari tempat yang dimaksud. Berbekal info yang samar-samar masih Bunda inget, kita jalan deh, masuk jalan Sudirman teruuuuuus aja sampe kompleks Ramayana, trus didepan ada belokan ke kiri, ada papan petunjuk jalan ke Hotel jalan Tasya Ratu, kita masuk ke belokan itu jalan teruuuuuuusss aja, pas mentok langsung belok kiri, daaaann...horeeeeee..... ketemu... didepan kita keliatan warung tenda yang lagi raaammeeeeee banget, karyawannya pake seragam, jumlah karyawannya juga banyak. Hmmhh...nggak salah deh, pasti ini warung tenda yang dimaksud Moza n Mitha. Yep, kita parkir, dan masuk ke wartennya. Dan benar saja, alamak rame banget yg ngantri beli bungkus maupun makan ditempat. Kita duduk, karyawannya datang nanya pesenan. Bunda mau nyoba Mie rebus (enak nih mie rebus pas cuaca dingin-dingin kuku gini), Yahanda pesen Mie goreng (selalu always nih). Nunggu makanan datang luamayan lama, karena pas kita datang pas stok abis pas lagi dibikin sama kokinya, semakin laper aja ini perut, pas makanan datang pas perut berada di puncak lapar, langsung tancaaaap sikat habisss. Jadi semua emang serba pas hari ini, LOL. Makanannya lumayan enak, pas lah dilidah. kita malah beli bungkus bawa pulang juga hihi laper apa laper?

Asli ini sekarang Bunda ngetik sembari kekenyangan. Ga boleh iri ya :)
Oya, di KBM tadi udah ada loh lanjutan cerita Tentang Keping Hati yang kemaren Bunda ceritain. Ada dua Keping malah. Satu keping Henky (papanya Rheina), satu lagi Keping Mbok Min (asisten rumah tangga keluarga Ruli).
Ini Bunda kasih link yah.. 

Naahh sabis baca cerita Bunda diatas, silahkan dilanjut baca cerbung keroyokan itu ya.. klik aja dijudulnya yang berwarna merah, insyaAllah langsung ketemu dengan kepingan-kepingan dimaksud, salam :)

Jumat, 08 November 2013

Masih KBM

Masih inget kan waktu Bunda cerita tentang KBM? tulisan pertama Bunda yang judulnya TENTANG RIAN (CINTA PERTAMA PELANGI) dapet apresiasi lumayan, trus Bunda bikin tulisan kedua judulnya  HITAMKU (WARNA CINTA PELANGI), hasilnya gagal total. Menyedihkan memang. Rata-rata bilang prosa liris itu nggak jelas, mereka tidak bisa menangkap apa isi ceritanya, ngambang, nggak fokus, komplit deh. Jujur Bunda down banget tapi nggak lama-lama, malah jadi terpacu untuk bisa bikin yang lebih bagus lagi.

Kemaren Bunda baca cerpen duetnya Mbak Rina Rinz dan Mas Falsist Hafidz Bluesboy. Ceritanya enak. Abis baca cerita itu Bunda jadi pengen ikutan nerusin ceritanya. Alhamdulillah dibolehin sama mereka berdua, daaaann berkutatlah Bunda menulis kata-kata diantara waktu boboin Shaqeela hihi... Kemaren ceritanya selesai, Bunda laporan sama Mbak Rina dan Mas Falsist, mereka bilang isinya udah oke, trus diposting sama Mbak Rina. Deg-degan Bunda nunggu komentar temen-temen KBM daaaann alhamdulillah mereka suka, fiuuuuhhhh....lega.... Tapi EYD nya dirapiin Mbak rina karena EYD Bunda masih berantakan. Gapapalah, namanya juga belajar.

Ada yang mau baca ceritanya kah? Nahh kalo mau baca, ini Bunda kasih link cerita TENTANG KEPING HATI yang ditulis oleh Mbak Rina dan Mas Falsist. Klik aja judulnya itu ya... 

Untuk cerita lanjutan yang Bunda tulis silahkan baca juga. Bunda bikin  bagian KEPING HANNY (IBUNDA RULI). Biar nggak bingung ini Bunda ngomong apa mending langsung dibaca aja ya....


Selamat membaca :)


Kamis, 24 Oktober 2013

Huuhhh....Haaahhhh, KBM :D

Yippiiee....!
Seneng bangeeetttt...
Mau tau? Mau doonk....

Kira2 udah sebulanan ini Bunda  join salah satu grup menulis di facebook. Berawal dari ngikutin FB na Asma Nadia, penulis novel islami yang pertamakali Bunda baca waktu jaman kuliahan dulu. Trus dipostingannya mba Asma Nadia nyebut2 soal KBM (Komunitas Bisa Menulis), awalnya sih Bunda lewatin aja info itu. Tapi lama2 Bunda jadi penasaran, seperti apa sih isi grup KBM itu? secara Bunda sejujurnya udah suka nulis dari jaman dahulu kala walaupun baru sebatas nulis diary hehehe... Pernah sih.. Bunda coba kirim cerpen ke majalah remaja Aneka Yess sama Anita Cemerlang yang isinya full cerita, beberapa kali ngirim tapi ga pernah dimuat, akhirnya stop sendiri dan Bunda lupa deh soal tulis menulis ini. Back to KBM, penasaran dengan KBM Bunda klik join dan yeppp Bunda masuk. Daaaann... Bunda langsung ketarik magnet tulis-menulis di KBM, beberapa kali Bunda coba posting puisi singkat tapi belum ada yang menarik feedback dari temen2 disana. Bunda baca dan bongkar tulisan temen2 KBM, wuiihhh bagus2 ih.... asli iriiii banget, Bunda juga baca berbagai trik menulis yang diposting Pak Isa Alamsyah, Mba Wulan Mardiana dan lain2, semakin membuka mata kalo menulis itu bisa dilatih.

Daaaannn...kemaren malam Bunda coba posting satu tulisan lagi, lumayan panjang, butuh beberapa hari untuk menyelesaikannya, edit sana-sini, ganti kata yang sama agar ga ada pengulangan kata, mengurangi serangan Aku dan Kamu, karena Bunda bikin tulisan bertema cinta so pasti banyak aku dan kamunya hihihihi.. tengah malem done! Bunda posting di KBM. Selesai posting Shaqeela kebangun, wuadduuhh.. padahal Bunda nungguin komen temen2 KBM, kira2 dilirik ga nih tulisan Bunda? Tapi Sahqeela bener2 ga bisa diajak kompromi, terpaksa deh lepi Bunda matiin trus ngelonin Shaqeela yang berujung Bunda ikut tiduuuurrr sampe pagi :)

Setelah beres2 tadi pagi, Bunda langsung Buka FB, Waaaaaaa.......!! seneng, kaget, ga nyangka, surprise, awalnya Bunda buka inbox, ada message dari Pak Isa Alamsyah bahwa tulisan Bunda dibahas sama temen2 KBM. Beralih ke notif, udah banyaaaakkk aja komentar mulai dari oke, bagus, enak, ngalir, mengiris, eyd perbaiki, bahasa sederhana, tantangan untuk bikin lagi dengan tema berbeda. Huuhhh.....Haaaaahhh.... dada Bunda raasnya penuh, seneeeeng banget dapet apresiasi dari temen2 KBM. Walaupun ada beban harus bikin tulisan yang lebih baik lagi, atau minimal sama dengan yang semalem. duuhh.. Bunda bisa nggak ya? Rasanya nggak percaya kalo tulisan itu dinilai bagus oleh sebagian besar yang ngasih komentar.  

yang pasti pengalaman hari ini memecut Buda untuk terus belajar menulis. kali aja bisa di terbitin, amiinnn hihi.. doain yaaa.... :)

Rabu, 23 Oktober 2013

Gulai Nangka

Hari ini Bunda emang khusus dokumentasiin gulai2an resep Andung, abis Bunda suka lupa sih gulai ini bahannya apa aja, karena bahannya beda2 tipiiiissss.... beda bahan rasanya pasti jadi beda juga. sekarang giliran gulai nangka ya.. cateeeettt...

Bahan :
- nangka muda, potong sesuai selera
- cabe merah giling
- bawang putih, haluskan
- bawang merah, haluskna
- jahe, haluskan
- kunyit, haluskan
- lengkuas , dimemar
- ketumbar campur, haluskan
- 1 batang sereh, memarkan
- daun jeruk
- daun kunyit
- santan

cara membuat :
- tumis semua bahan hingga harum, kemudian masukkan santan, setelah santan mendidih masukkan nangka.
- masak dengan api sedang hingga matang
- selesai :)

Gulai Segala Ada

Hahaha... Bunda juga ga tau namanya apa. yang pasti semua bahan bisa dijadiin satu, nyampur, tumplek memenuhi wajan, daaann piring makan pun bisa overload. langsung aja yaaaa

Bahan :
- kentang, potong 4 aja
- telur, direbus lalu kupas kulitnya, sisihkan
- tahu potong 4 aja
- tempe, potong sesuaikan dengan tahu dan kentang
- buncis / kacang panjang / labu siam, potong sesuai selera (sayurannya suka2 aja mau yg mana)
- ikan teri secukupnya
- bawang putih, haluskna
- bawang merah, haluskna
- jahe, haluskan
- kunyit, haluskan
- daun kunyit
- cabe merah giling secukupnya
- santan
- garam

cara membuat :
 - didihkan santan beserta bumbu halus,cabe giling, daun kunyit plus ikan teri 
- setelah mendidih masukkan semua bahan lainnya
- masak hingga matang dengan api sedang. garam jangan lupa yaaa...
- tadaaaa..... selesai sudah masakan hari ini


 Not bad, hehe

Asam Padeh

Tau asam padeh? masakan khas padang yang top markotop hehe
ini resep Bunda dapet dari Andung juga. ini khusus asam padeh made by Andung. Cateeetttt... biar ga ilang juga hihihi....

Bahan :
- ikan laut, boelh yang kecil2 ataupun ayng besar trus dipotong
- Cabe merah giling
- bawang merah, haluskan
- bawang putih, haluskan
- jahe, sedikit aja, haluskan
- tomat, diris dadu
- daun kunyit
- daun jeruk
- air
- daun ruku2, kalo ada, kalo ga ada juga gapapa, Bunda juga ga tau nama lain daun ruku2 apa. taunya ruku-ruku tok :)

Cara membuat :
- rebus semua bahan, kecuali ikan dan tomat dengan air
- setelah air mendidih masukkan ikan dan irisan tomat
- masak dengan api kecil hingga ikan matang dan kuahnya mengental

Sippp...cuma gitu aja kok, ga repot. daaaann.. bagi yang suka asamnya agak terasa (karena judulnya kan asam padeh alias asam dan pedas) bisa ditambahin asam kandis. Kalo Bunda sih lebih suka yang ga pake asam kandis. jadi cuma sedikit rasa asam dari tomat aja. dicoba yaaaaaa :)

Gulai Tauco

Indonesia kaya akan budaya, termasuk masakan. Untuk hal kecil seperti masakan aja tiap daerah punya rasa yang berbeda. contoh kecil aja Gulai Tauco. Di Padang mungkin kita akan dengan mudah menemui Gulai Tauco, yang biasanya dijadiin pelengkap lontong sayur. Malah dijadiin lauk juga untuk teman makan nasi biasanya ditambahin ikan. Di Palembang ternyata ga mengenal Gulai Tauco, mereka tau buncis bisa dimasak tauco, tapi bukan digulai santan seperti yang biasa dilakukan di Padang. ada sih gulai buncis tapi ya seperti gulai biasa aja, bukan dengan tauco. Gulai tauco nyo Andung buat Bunda top deh.. Andung nurunin ke Bunda resepnya. Biar ga ilang Bunda catet disini aja hehehe... takarannya dikira2 sendiri aja ya.. kalo rasanya kurang pas coba di acak2 lagi takaran bahannya. okeh? :)

Bahan :
- buncis, diris miring memanjang
- tempe, dipotong kotak kecil
- tahu, dipotong kotak kecil
- 1 ons rimbang (optional, bunda ga tau nama lain rimbang apa hihi...)
- pete, ambil bijinya lalu belah dua (optional, tapi kayanya tauco ga komplit kalo ga ada biji pete *wink*)
- cabe hijau, diris miring memanjang
- bawang merah, dihaluskan
- bawang putih, dihaluskan
- 1 bungkus ketumbar campur, dihaluskan (isinya ketumbar, merica, cengkeh, pala, pekak, dll, biasa  disebut juga bumbu rendang tapi masih dalam bentuk utuh ya, bukan yang udah dihalusin)
- 1 batang sereh, dimemarkan
- 2 lembar daun salam
- santan secukupnya
- tauco (biasanya Bunda pake tauco botolan)
- bawang goreng secukupnya

Cara Membuat :
- goreng tahu, tempe dan pete, sisihkan
- tumis bumbu yang dihaluskan (bawang merah, bawang putih, ketumbar campur) beserta sereh dan daun salam
- setelah tumisan berbau harum masukkan cabe hijau lalu masukkan santan, masak sebentar hingga santan berasap, kemudian masukkan tauco, lalu buncis
- kecilkan api, masak buncis dan cabe hijau hingga hampir layu. saat buncis hampir layu masukkan bahan yg digoreng tadi (tahu, tempe, pete) dan rimbang
- jangan lupa tambahkan garam secukupnya
- setelah sayuran matang taburkan bawang goreng diatasnya.
- siap dhidangkan

kalo mau ditambahin ikan juga bisa. goreng dulu ikannya seperti tahu tempe dan pete tadi, lalu masukkan ikan berbarengan dengan tahu tempe dan pete. rasanya juga akan lebih maknyus kalo ditambahin ikan. Selamat mencoba :)


Putri Salju

Lebaran kemaren najla minta dibikinin cookies Putri Salju. Bunda googling resep dan coba bikin. Alhamdulillah berhasil dan enak. Bunda share resep disini yah..

Bahan :
- 75 gr kacang tanah, dioven/sangrai hingga matang. cincang kasar
- 225 margarin
- 75 gr tepung gula
- 1/4 sdt pasta vanilla
- 1 kuning telur
- 250 gr tepung terigu protein rendah
- 25 gr maizena
- 15 gr susu bubuk
- 100 gr keju parut kasar, angin-anginkan
- 200 gr gula donat untuk taburan

Cara Membuat :
- kocok margarin, garam, gula tepung dan pasta vanilla selama 2 menit, hingga lembut
- tambahkan kuning telur, kocok rata.
- masukkan tepung terigu, maizena, dan susu bubuk sambil diayak dan diaduk rata
- tambahkan kacang cincang. aduk rata
- ambil sedikit adonan, bentuk sesuai selera, letakkan di dalam loyang yang telah dioles tipis dengan margarin
- oven dengan api dibawah suhu 130 derajat celcius selama 45 menit (hingga matang)
- setelah matang, angkat, dan selagi masih panas guling2kan keatas gula donat

gampang kan..?? insyaAllah enak deh.. dicoba ya.. tapi karena sibuk beres2 saat lebaran Bunda lupa dokumentasiin hasilnya. next kalo Bunda bikin lagi Bunda potoin yaaaaa :)

Rabu, 11 September 2013

Vickynisasi *wink*

hahaha... asli ngakak abeeessss...
Indonesia lagi kena virus Vickynisasi. semua pasti tau doonkkk.... Si Vicky yang lagi ngetop karena bahasa intelek tapi kagak nyambung-nya.
Semua jadi heboh,.. medsos dipenuhi postingan2 berbau2 bahasa Vicky semacam kontroversi hati, kudeta, konspirasi kemakmuran... termasuk Bunda n temen2 becanda pake bahasa Vicky hihihi...
Ga tau nih sampe kapan latah Vicky ini berlanjut. tapi emang lucu banget sih.. seru juga dipake buat seru2an, sory ya Vick!

^_^

Nugget Ayam

Pengen bikin sendiri nugget ayam buat sikecil, nugget yang enak dan terjamin sehat. yuukk...

Bahan :
- 500 gram daging ayam giling
- 2 butir telur, kocok lepas
- 4 lembar roti tawar tanpa kulit
- 6 siung bawang putih, haluskan
- 100 ml susu cair / air matang
- 1 batang wortel diparut (kalau suka)
- keju parut secukupnya (kalau suka)
- merica bubuk secukupnya
- garam secukupnya
- gula pasir (sedikit saja)

Bahan Untuk Menggoreng :
- tepung panir
- telur dikocok lepas
- minyak goreng

Cara Membuat :
- siapkan kukusan
- Campur semua bahan menjadi satu mulai dari daging ayam sampai gula pasir, aduk sampai rata
- siapkan loyang ukuran 20 cm dan olesi dengan mentega
- tuang adonan kedalam cetakan, ratakan, lalu kukus selama 20-30 menit hingga matang
- setelah matang, dinginkan, lalu potong-potong sesuai selera, bisa juga dicetak dengan bentuk-bentuk lucu agar terlihat lebih menarik
- celupkan potongan nugget kedalam telur, lalu gulingkan ke dalam tepung panir. agar nuggetnya lebih kuat dan tidak mudah patah lakukan sebanyak 2x. celupkan ke dalam telur, gulingkan ke panir, celupkan lagi kedalam telur, gulinkan lagi di dalam panir. done
- goreng nugget hingga kuning kecoklatan/matang. nugget siap disajikan

Note :
- Jika nugget langsung digoreng saat baru matang atau baru selesai di kukus, aroma ayam rebusnya masih kentara, jadi untuk hasil lebih enak diamkan dulu nugget selama beberapa jam baru digoreng
- nugget bisa disimpan di dalam freezer dengan wadah tertutup rapat
- resep ini bisa dipakai juga untuk membuat nugget udang atau ikan, tinggal diganti saja bahan utamanya
Selamat mencoba :)

Okey, nugget ayam udah ready, yang ini bisa simpan di freezer dulu :)

Sabtu, 27 Juli 2013

Puding Mangga

Sebelum lupa, mending di dokumentasiin dulu ya puding mangga yang Bunda bikin tadi. Jadiiii...judulnya nih Yahanda beli mangga, udah 1 mingguan di kulkas itu mangga masih utuh aja. Soale lagi puasa, lupa mo maem mangga. pas buka langsung pada ngejar nasi, kelaperan hehe. soo...daripada mangganya busuk terbuang sia2, tadi Bunda bikin puding mangga. intip yuukk....

Bahan :
- 1 bungkus agar2 bubuk putih (merk satelitte or etc)
- 2 buah mangga
- 700 ml air
- 100 gr gula pasir (sesuai selera)
- 3 sachet susu kental manis
- garam secukupnya

Cara Membuat :
- kupas mangga, blender dengan 200 ml air, bisa juga sisakan sedikit mangga yg dipotong dadu untuk di tabur di dalam puding nantinya
- campur sisa air yg 500 ml dengan bubuk agar, gula, susu kental manis dan garam
- jerang larutan di atas api sambil di aduk
- saat mulai mendidih masukkan mangga yang telah di blender tadi
- masak hingga mendidih, sambil diaduk
- siapkan cetakan yang telah di basahi dengan air
- tuang larutan puding ke dalam cetakan, taburkan mangga potongan, biarkan hingga dingin, kemudian bisa di masukkan ke dalam kulkas.

Gampang kan? maem puding yuk :)

Jumat, 26 Juli 2013

Waiting part 2

Hmm...
themenya waiting lagi
Kayanya ini post kedua Bunda dalam suasana waiting :)
Yup, Bunda emang in waiting, nungguin Yahanda balik dari luar kota malam ini, setelah hampir semingguan Yahanda tourney keluar kota. Nasib job desc baru Yahanda nih, keluar kota bisa semingguan. Sepi? pasti. Tapi dengan ngurusin duo krucil yang super duper bikin sibuk setiap hari, alhamdulillah sepinya terusir pergi. Paling malem aja klo mereka udah pada tidur baru deh ngeeeeeng... ngeeeeenngg.... sepinya dunia mulai terasa (curcol ^^)
Kasian Yahanda sih sebenernya, puasa2 gini mesti keluar kota juga, tapi ya mesti gimana, emang udah kerjaannya, tanggungjawab dari pekerjaan yang dia pilih dan yang Bunda support waktu Yahanda mengutarakan pengen nyebrang jalur :)
So....this is the risk, its not easy, its a commitment and we have to take it.

Well, sambil nunggu Bunda browsing aja kali ya, sapa tau ntar dapet ilham buat nulis, atau dapet ide mo bikin apa gitu hehe..  Happy waiting Bun (spirit-in diri sendiri) :)

Kamis, 18 Juli 2013

Ramadhan day 9

Alhamdulillah...
udah 9 hari puasa yg dilewatin
insyaAllah besok puasa hari ke 10
dan so far... Najla bolong 2 hari :)
not bad lah.. dia udah bikin jadwal batalnya. katanya sih dalam sebulan ini dia akan batal 5 hari aja, bole bole hehehe..ada2 aja...
yang penting dia udah belajar gimana rasanya puasa, menahan haus dan lapar, ikut merasakan seperti yg dirasakan oleh teman2 yang tidak seberuntung dia. Shalatnya juga makin baik. begitu di ingetin hap...dia wudhu langsung shalat :)
Kesempatan Bunda juga untuk ngajarin Najla lebih jauh pentingnya bersyukur atas apa yang dia dapatkan dan nikmati sekarang serta berbagi dengan orang2 yang tidak mampu. Semoga Najla ngerti dan bisa mengambil hikmah dari Ramadhan ini, amin ya rabbal 'alamiin.. :)


Kamis, 11 Juli 2013

Ramadhan Day 2

Alhamdulillah...
Dua hari terlewati dengan InsyaAllah aman damai sentosa, Najla juga dua hari ini bisa puasa poll sampe bedug. Hari pertama kemaren agak sedikit nyebelin, dia ga tahan ngeliat Shaqeela ngemil, jam 12 minta buka, alesannya laper, padahal sebenernya sih karena ngeliat Shaqeela makan koko krunch hihi.. Bunda bujukin baek2, akhirnya dia mau bertahan untuk ngga buka. Jam 2 mulai lagi hak hek hok, karena ngeliat Shaqeela maem nasi, dia juga laper, kalo ini sih Bunda yakin laper beneran, cuma ya sayang aja klo dia belum ngerasain puasa satu hari poll. Bunda bilang ngga sayang apa ngebatalin puasanya jam segini? cuma tingga 4 jam an loh..sementara uni udah nahan 9 jam, masa sih rugi 9 jam cuma gara2 ga tahan 4 jam? dia mikir, trus diem, berhasillll hehehe.. Masuk jam 4 dia mulai menghitug menit, sebentar2 liat jam, tinggal 2 jam Bunda... tingga 110 menit Bunda... tinggal 45 menit bunda.. tinggal 300 detik lagi Bunda... haddehhh... dari jam menit sampe detik dihitungin hahaha... Di mesjid mulai ngaji2, Bunda leyeh2 di kamar sambil istirahat nunggu buka puasa, Najla sengaja duduk diluar nungguin adzan qiqiqi.. begitu adzan terdengar dia langsung masuk kamar, "Bunda... udah tuh..ayo... 
"Ayo apa?
"ayo buka, uni udah denger adzannya
"masa sih?
"iyyaa..kan uni dengernya diluar...
"oo ya sudah..yukk....

Pas banget kita keluar kamar Bunda denger adzan, Najla nyeletuk tuuuhh kaan bener udahan. Bunda senyum2 aja dengernya, abis baca doa buka dia langsung slurp slurp teh manis angetnya sambil senyum2, kayanya nikmaaaatt banget minum teh nya hehe...
"ayoo...kenapa  senyum2?
"nggak...
"seneng ya akhirnya bisa puasa sampe maghrib?
"hooh, sambil terus nyeruput teh

Najla makan nasi dengan nikmatnya, tp tetep aja rada lama maemnya karena makan sambil nonton tipi (bad habit). Najla juga semangat pergi taraweh ke mesjid bareng yahandanya. Bunda dirumah aja sama Shaqeela. Pulang taraweh dia ngemil lagi, kayanya bales dendam haha... Ngga papa ding, yang penting puasanya  lancar.

Tadi Najla puasanya ngga seheboh kemaren, jam 4 sore baru dia ngeluh laper, perutnya emang bunyi2, Bunda suruh aja tiduran, dia juga ngga mau ngebatalin puasanya, tanggung udah jam 4 ini. katanya 
"kalo laper uni masih bisa tahan Bunda, hausnya ini nih...udah nggak tahan banget nih pengen minum."
"trus gimana donk? uni mau buka?"
" ya enggak sih..uni cuma bilang aja..."
"oooo.. ngga papa.. Bunda juga haus banget kok, namanya juga puasa ya pasti haus dan laper doonk... "
"iya ya.. klo nggak haus itu sih nggak puasa."
"yup betulll."

Dia main lagi, keluar masuk kamar, ruang tamu, nonton tipi, baca buku ambillll mulai menghitung jam menit dan detik hahahaha... disuruh bobo siang ngga mau, ya udah Bunda biarin aja, suka2 lah :)
Cuma hari ini Najla request buka puasa pake roti canai, bunda tadi beli roti canai yang udah jadi, tinggal di goreng aja dirumah. Untuk lauknya dari kemaren pengen ikan gurame goreng saus tauco, itu juga udah ready. Alhamdulillah puasanya poll sampe maghrib, bedug bunyi Najla minum teh anget, makan roti canai, makan nasi, makan koko krunch+susu, makan roti canai lagi, baru bobo hehehe... good job girl!!

Moga2 besok ngga ada kendala buat najla untuk terus puasa, aminn...
Shaqeela? nyamm nyamm aja terus ya dek :)

Selasa, 09 Juli 2013

Ramadhan lagi ^^

Alhamdulillah... ketemu Ramadhan lagi.. :)

Ramadhan pertama di Pekanbaru, setelah merasakan 4 kali Ramadhan di Palembang, yang menyisakan banyak cerita. Mulai dari Bunda keguguran untuk yang kedua kalinya, hamil Shaqeela yang ketauan pas Ramadhan 2011, Bunda puasa bolong2 dan ngutang 10 hari puasa pada Ramadhan 2012 karena waktu itu Shaqeela masih 3 bulanan, masih ASI ekslusif. Ramadhan ini insyaAllah Bunda bisa ngejalanin puasa sepenuhnya, karena Shaqeela udah 1 tahun 3 bulan, udah makan, yaaa...walaupun dia masih kenceng banget ASI nya yang suka bikin Bunda kelaperan :)

Malam ini malam pertama tarawih, alhamdulillah tadi Bunda tarawih walaupun dirumah aja, karena Shaqeela belum bisa dibawa ke mesjid, ntar dia nangis2 minta bobo di kasur, Bunda rempong. Najla sama Yahanda tadi isya dan tarawih di mesjid, Najla seperti biasa semangat 45 kalo mo shalat ke mesjid, alhamdulillah :)

Seneng karena bisa ketemu Ramadhan lagi, nelangsa karena setiap ramadhan dan idul fitri Bunda ngerasa banget kalo usia ini bertambah dan jatah hidup di dunia ini berkurang :(
Setiap Ramadhan perasaan itu selalu datang, ga bisa dibohongi, Bunda merasakan pertambahan usia pada saat Ramadhan dan idul fitri, kalo pas ultah mah ga ngaruh, Bunda merasa itu cuma sekedar angka, tapi kalo udah ketemu Ramadhan dan Idul Fitri lagi baru deh... wadduhh... gw makin tuwir aje hiks..... Bunda sedih bukan karena Bunda akan kehilangan kenikmatan dunia, samasekali bukan. Tapi sekarang2 ini yang kepikiran tuh anak2, mampu nggak Bunda mempersiapkan mereka untuk menjadi pribadi yang mandiri? yang bisa menjalani hidup mereka dengan though namun tetap istiqamah.
Kadang2 suka ngelantur ngebayangin ntar gedenya mereka seperti apa :)

Ya Allah Ya Rahim, hanya kepadamu kuserahkan segalanya, Kau maha mengetahui segala yang tersirat dihati ini, kabulkanlah do'aku ya Allah, Kabulkanlah...Amiin Ya Rabbal 'Alamiin

Day 8 ( Minggu, 30 June 2013), OTW Home

Pagi2 kita udah bangun, mandi, sarapan apa yang ada, ada mie goreng, roti canai, sandwich keju dan biskuit chococips. S E A D A N Y A. maksudnya kebetulan ada banyak yang mo dimakan buat sarapan :)

Jam 10 kurang kita keluar kamar, beresin bill di reception dan ga lama Te wat dateng, kita langsung goooo.... sempet ambill beberapa poto Najla dan Shaqeela di lobby hotel. Langsung menuju terminal Bandar Tasik Selatan. Sampe sana beli tiket bis, bisnya berangkat jam 11, okeh ngga lama kok. Kita langsung turun ke gate tempat bis kita nunggu. Say Goodbye to Te Wat and family yang udah kita repotin selama kita disana. Makasih ya Te wat, caca, papa caca juga... :)
Sampe lantai bawah duduk bentar di depan gate bisnya dateng, naik bis dan jalaaaann... seperti biasa Shaqeela manfaatin ssat2 santai seperti itu untuk mimi ASI dan tidurrrrr hahaha... sepnajnag perjalanan dari BTS ke LCCT dia tidur pules banget.

Sampe LCCT jam 12an, kita udah laper lagi, nyari tempat makan, kita nyari foodcourt yang ada nasi aja, ini perut pusing kalo ga ketemu nasi. dapet warung Asia apa gitu namanya di jalan sebelum masuk Bandara, Bunda makan nasi lemak lagiiii, Najlla nasi telor mata lagiii... yahanda Nasi miehun dan apa yah Bunda lupa, trus bungkus buat Shaqeela yang masih bobo nasi telo mata juga hahaha...

Abis maem, kenyang, kita menuju tempat keberangkatan, wuiihhh...muter2 naik turun, mulai dari imigrasi, masukin bagasi sampe ke waiting room asli jalan muter mpe bingung, mesti rajin2 liat papan petunjuk biar ngga salah masuk, karena di LCCT tuh ruammmmeee abiss.. Nyampe waiting room alhamdulillah..bisa duduk nyanti, waktu udah nunjukin pukul 2, berarti se jam an lagi kita udah berangkat. Alhamdulillah pesawatnya ontime, kita berangkat dan ga ada kendalan dijalan, setengah jam kemudian kita udah landing di Pekanbaru. Keluar, ngambil bagasi, di cek koper sama custom, nunggu bentar trus dateng deh Om Iwan yang jemput kita kerumah. Lapeeerrr... stop makan dulu, baru lanjut jalan kerumah. Shaqeela bingung seolah lagi mikir ini gw dibawa kemana lagi ya? Begitu nyampe rumah, buka pintu masuk kamar, Bunda taro dikasur Shaqeela langsung senyum2 sambil baring2 nyantai hahaha... kali dia udah ngeh ternyata kita udah di home sweet hooooomeee :)

 Najla n Shaqeela di lobby hotel

Bang...sms siapa itu baaang ? hihi...

di BTS, kita back home ya dek

Najla n Caca, kalo liat kamera langsung pose :)

 dua sejoli kecapean seminggu nonstop jalan hahaha...

 Sirkuit Sepang liat dari Bis ^^



Oktober besok ada event tuh... liat yuk ^^

Berakhir sudah liburan kali ini, semoga masih ada liburan berikutnya, ngareeepppp hihihi.. ya donk sapa juga ngga ngarep liburan, ya nggak?
For all semua senang, semua hepi, moga2 next time ada rejeki dan ada liburan seru lagi, aamiinn... :)

Day 7 ( Sabtu, 29 June 2013), Petrosains asiiikkk

Chemungud Pagiiiiiiiiiiiii.... :)
yups...kudu semangat donk, last day in KL, hari ini mo ngajak anak2 ke Petrosains, belajar sambil main.. menurut mbah google, anak senang mak bapaknya juga bisa ikut nambah  pengetahuan. Yukkss...let's gooo...

Okay, ga usah bingung dengan transportasi, cukup naik bis GOKL aja, inshaAllah nyampe Petrosains yang notabene ada di KLCC di dalam twin tower, KLCC lagi...hahaha... Nyampe KLCC langsung masuk ke dalam ngikutin tanda panah aja, ga usah bingung :D, Petrosains ada di lantai 4 so pas nemu lift kita langsung aja naik ke lantai 4, keluar lift ups...kok nemunya foodcourt ya? oohh..berarti ini nih...foodcourt yang dibilangin travellers di blog, berarti urusan perut nanti siang amaaaan hehehe... Keluar lift kita belok kanan, karena kalo belok kiri ya mentok di food court, nggak jauh dari situ langsung keliatan logo2 Petrosains, yang ngantri kayanya udah mulai rame. Yahanda beli tiket, kalo tiket satuan untuk dewasa satunya 25 ringgit, najla bayar 15 ringgit, Shaqeela free. Kalo beli satuan kita bayar 65 ringgit. Tapi ada paket family 2 dewasa 2 anak bayar 50 ringgit. Yasud kita ambil paket family aja, bayar 50 ringgit, yuk capcus ngantri masuk..

Perjalanan masuk Petrosains dimulai dari naik cawan hitam besar, diperjalanan naik cawan kita dikasih gambaran tentang awal mula terbentuknya bumi dan tata surya lanjut ke kehidupan jaman sekarang. serrruuuu deh... Shaqeela alhamdulillah nggak nangis, dia malah asik aja ngeliatin film2 yang diputerin di dinding sepanjang jalan. Sayang di dalam cawan hitam (Dark ride apa gitu namanya Bunda lupa) ga boleh ambil poto, jadi Bunda ga bisa bagi2 potonya disini deh. Turun dari cawan langsung kita ketemu segala bentuk permainan berbasis sains, wuuiihh...Najla mulai geratakan, biasalah Najla kan emang hobi banget geratakin barang2, ngeliat itu dengan bebasnya dia cobain semua, Shaqeela juga ngga kalah semangat, dia malah ga mau digendong, maunya jalan aja biar bisa ikut geratakin mainan hahahaha...
Kita didalem Petrosains kira2 3 jam an, itu juga nggak di datengin semua, banyak mainan yang kita lewatin aja karena udah cape, untung di dalem dingin banget, kalo nggak pasti udah mandi keringet, jalan selama 3 jam. Shaqeela sempet tidur di dalem, oiya disana kita bisa minjem stroller for free, jadi yang ga bawa stroller ga usah khawatir repot gendong2 bayi, pinjem aja strollernya sama yang jaga disana. Keluar dari Petrosains kita langsung ke food court yang tadi kita lewatin, rameeeee bangeeettt...pilihan menunya banyak cuma jadi bingung aja yang pas sama lidah kita yang mana yak? Finally Bunda pilih makan sup ayam aja biar Shaqeela bisa ikut makan bareng Bunda, Najla dan yahanda pilih mie goreng dengan rasa berbeda. Hasilnyaaa.....sup bunda rasanya rasa kari hihi ga jauh2 dari kari deh, mie goreng Najla rasanya ngga jelas, mie goreng yahanda ga sesuai harapan, gagal total misi makan hari ini :D

Turun ke lantai satu, Bunda tuntasin hasrat beli coklat di choc boutiq, waddoww....ngiler euy ngeliat barisan coklat aneka kemasan dan ukuran, jadi pengen beli semua rasaaaa...waaa....kumaaaatttt.... tapi nggak ding, ntar ga ada duit buat pulang ahaha.. bunda beli beberapa coklat beryls dan alfredo. Kata si mbak yang jaga, beryls dengan alfredo sama enaknya, yowes markico, mari kita coba :)

Balik ke hotel, kembali kita naik bis GOKL, sampe hotel istirahat bobo siang,bangun2 udah sore, siap2 mandi, abis magrib kita keluar lagiiiii.... kali ini mo cari makanan di Petaling street. kemaren waktu ke petaling kita liat ada warung melayu jual ikan panggang, baunya sih enak, kemaren Bunda beli nasi lemak disana, hmm yummy juga.. jadi pengen makan nasi lemak lagi malam ini. kayanya selama di KL makanan yang paling cocok sama Bunda ya nasi lemak ini. Najla juga kemana2 akhirnya nyari nasi putih plus telor mata aja a.k.a telor mata sapi, murmer banget yak, trus beli roti canai juga. Nyampe petaling (lagi-lagi dengan bis GOKL pp) langsung beli nasi putih, ikan panggang, nasi lemak, telor mata, bungkuuussss. kita mau makan dihotel aja. baliknya beli buah ditukang2 buah. Salut nih sama tukang jual buah, buah2an yang mereka jual justru buah2 tropis loh kaya rambutan, manggis, nangka, durian, jambu biji, pepaya, nenas dan mangga. dijual dalam bentuk utuh dan potongan. Dagangannya tukang buah laris manis diserbu turis yang lalu lalang, enak banget sambil jalan makan buah segar yang tinggal hap..hap..hap :)
Di hotel semua makanan langsung kita cicil satu demi satu, lapeeeerrr..... secara siang tadi makannya ngga puas. mo nyari makanan lagi tadi udah males banget karena udah cape jadi pengen buru2 balik ke hotel aja buat istirahat. malem ini semua rasa nggak puas tadi siang terbayar sudah, kueeennnyyaaaaanngg.... alhamdulillah:)

Sambil ngebayangin betapa kenyangnya kita malam ini liatin poto2nya yuk :)

Pintu masuk Petrosains, petualangan....dimulai! :)

 Hurrycane, fotonya jadi blur karena kencengnya angin di dalam tabung hurrycane, gini ya rasanya kena badai topan, atuutt...

 Shaqeela mo main juga :)

 Shaqeela dan Einstein :)

Prinsip dasar mobil, jangan ngebut ya naaakk :)

 relief jaman dino

 liat apa nak?

 pasir magnet

serius liatin batu-batuan

itu apa ya? Bunda juga ga tau :)

jadi kiper virtual, seruuuuu :)

menyaring minyak

itu otaknya beneran loh, termasuk otak human nya, hiiyyy... otak siapa ya kira2 yang dipamerin itu?

 apaan tuh yahanda? :)

pura2nya lagi di kilang minyak hehe..


ciecie....pembalap tuh Bun hahaha...


pintu masuk dan pintu keluar


bayangan dikacanya kebalik, Najla takjub haha..

 Petaling @ nite, liat tuh sebagian bungkusan yahanda ^^

dedek haus yaaa??
`
Harin ini seru dan senang, walaupun awalnya kelaperan karena salah pilih makanan, terobati dengan makan malem yang hhmmmm....  abis makan Bunda sama yahanda packing ngeberesin barang2 kita karena besok jam 10 kita udah dijemput Te wat, Te wat nganterin kita ke terminal Bandar TAsik Selatan, dari terminal BTS kita naik bis ke LCCT, perjalanan dr BTS ke LCCT besok kira2 1 jam an. well... gudnite efribodih, sweet dream :)


Sabtu, 06 Juli 2013

Day 6 ( Jumat, 28 Juni 2013), Petaling Street dan KLCC Nite

yuhuuuuu..... 
hari ini mo ke petaling street, mo nyari kaos2an, magnet and gantungan kunci titipannya Tante dedek sama Tante Rosi, moga2 dapet deh... kemaren waktu naikbus HOHO bus nya stop di petaling juga tapi kita nggak turun karena ngejar ke Planetarium dkk itu. Nah...hari ini... kita jalan mo naik bus GOKL, apalagi tuh? Bus GOKL itu Bus gratiss tiss tisss... rutenya ada dua yaitu purple line dan green line, dua2nya lewat bukit bintang, kalo mau ke petaling naik yang purple line dan kalo mau ke KLCC naik yang green line. actually warna bus nya dua2nya tetep ungu loh ya... biar ngga salah naik bus perhatiin tulisan diatas kaca depan bus nya, ditulisin kok itu green line apa purple line, kalo masih ragu tanya aja sama drivernya ini green apa purple :)
so...kalo yang nginep di bukit bintang ga usah repot2 naik taksi or mrt, naik bus GOKL aja, bus stopnya di ain arabia, deket counter tourist information yang kemaren Bunda cerita itu lohh... untuk info rute bus GOKL lebih komplit liat di link GOKL ini ya :) 

kita nyampe Petaling kira2 jam 11an, naik GOKL purple line, petaling masih sepi pengunjung jadi ga desak2an, katanya sih disini ramenya malem, udah gitu kalo malem kita mesti hati2 karena disini banyak copetnya, so..kalo bawa anak2 mending jalannya siang aja deh, kecuali kalo emang pengen ngerasain suasana malam dan having meals disana. satu lagi, kalo mo belanja jangan ragu2 untuk nawar sampe seperempat harga yang ditawarin, daripada ntar nyesel karena ditempat lain bisa dapet lebih murah hihi.... setelah itu yaaa tergantung kemampuan kalo rasanya sanggup beli dengan harga yang ditawarkan ya lanjutt silahkan :)
Di Petaling street kita nggak lama2, Shaqeela udah nggak betah mungkin karena panas dan sisa cape abis jalan sampe gempor kemaren masih ada. Kita cuma beli kaos untuk kita sekeluarga, tas buat najla, kebetulan ngeliat tas bahannya lucu, dan sepatu buat Najla dan Shaqeela. Ngemeng2 soal sepatu nih..Shaqeela emang harus beli sepatu, karena pas turun bus HOHO kemaren tanpa sadar sepatunya lepas, di atas bus Bunda masih sempet benerin sepatunya, pas nyampe hotel sepatunya udah raib sebelah. Beli oleh2 standar kaya gantungan kunci dan magnet. abis Bunda ga tau lagi mo beli apa, bingung sendiri liat jualannya, kalo yang lain2 sih di indo juga banyak kali yaaa.... :)

jam 2 an siang kita udah nyampe hotel lagi. balik dari petaling ke hotel naik bus GOKL lagi. turun di bus stop tempat kita naik tadi. nyampe hotel kita istirahat, semua tidur siang, ntar malem rencananya mo ke KLCC, mo poto2 sama twuin tower, katanya twin tower lebih keren di malam hari. 

Abis magrib, kita jalan lagi ke GOKL bus stop, kali ini kita naik yg Green Line, enaknya bus GOKL ini operasi sampe jam 11 malam, jadi kira2in aja jauh perjalanan kita, yaaa paling ngga jam 10 kita udah naik bis lagi lah daripada ntar bingung balik naik apa secara taksi juga disini mahal. nyampe KLCC langsung deh ambil posisi poto2 di depannya, trus kita juga ke taman belakang suria lagi, pengen liat malem disana kaya apa. ternyata raaammmeeeee..... eh pas dateng pas musik bunyi, kaget musik apaan, ohh my goddd ternyata atraksi air mancur di kolamnya...keren ihh...air mancurnya kaya orang lagi nari balet, pantes rame, kali pada nungguin ini yah? atraksi air mancur kolam KLCC park ini asli diluar info yang Bunda dapet, jadi surprise deh :)

Setelah air amncur selesai beraksi kita segera keluar, rencananya Bunda mo beli coklat beryls di choc butik di depan, but pas kita nyampe depan choc butik nya udah tutup, yo wes... besok aja deh balik sini lagi, toh besok juga mau kesini mo ngajak najla masuk Petrosains. nyampe bus stop, bus nya masih berenti dan gelap, kita nunggu bentar, ngga lama drivernya datang bus nya dinyalain orang2 rebutan  naik secara bis terakhir takut ketinggalan hihi. Shaqeela udah mulai rewel ngantuk berat, Najla juga udah nyender2. Nyampe hotel jam 11.30 an karena kita nyari makanan dulu sebelum ke hotel. liat potonya yuukkss....

petaling street siang hari masih belum rame

poto duluu...dokumentasi haha

 diatas bus GOKL nih, bus nya ac loh... bule, arab, chinesse, india, semua warna kulit naik bus ini :)

horeee...dapet juga kesempatan poto2 with twin tower di malam hari :)

mejeng berempat, minta tolong bule yang lagi poto2 juga :)

KLCC park, belakang mall suria, air mancurnya lagi nari balet tuh ^^

yahanda juga mau dipoto dooonk :)

background Suria dan twin tower

emang lebih keren dipoto malem yah ^^

di dalam mall Suria

duo krucil, meskipun udah malem masih semangat ngiterin Suria :D

thats for today, perjalanan hari ini lumayan santai, karena kita banyak istirahat dan banyak makan hahaha... next day next post yaaa....keep in touch!! ^^

Day 5 (kamis, 27 juni 2013), city tour with HOHO Bus

Cerita berikutnya.... :)

Hari ini kita mau ikutan city taour pake bus HOHO alias Hop O Hop Off, sebelum berangkat Bunda udah googling tentang bus HOHO ini, termasuk bus stop no 6 yang letaknya di Bukit Bintang. Kemaren malam abis makan di alor kita sengaja muter dulu nyari letak HOHO stop no 6, kita nanya ke polis yang lagi berdiri di counter tourist Information, dikasih tau deh letak bus top no 6 dimana, cuma di seberang jalan, di depan butik Zara. Untuk yang mau tau info tenta HOHO bisa klik link HOHO ini ya...
Enaknya naik bus HOHO, kita dianter ke seluruh tempat wisata yang ada di KL, bus topnya ada 24 titik, trus kita bisa berenti dimana kita mau dan jangan takut ditinggal, karena kalo kita mau lanjutin perjalanan lagi tinggal naik aja bus berikutnya, jarak bus yang satu dengan yang lain kira2 setengah jam an, jadi tiap setengah jam sekali bus nya akan lewat di bus stop tempat kita turun tadi, tinggal tunjukin tiket kita bisa naik. soo...tiketnya jangan sampe ilang yah, tiket berlaku untuk 24 jam atau 48 jam, tergantung kita mau beli yang mana, tapi kayanya yang 24 jam aja cukup kok. Bus ini operasi dari jam 8.30 sampe jam 7.30 malam. Harga tiketnya bisa liat di link yang Bunda kasih tadi ya, disitu lengkap semua kok keterangannya. daannn....keliling pake HOHO bus dijamin puassss :) silakan keliling sampe gempor hahahhaa...

Bunda naik HOHO bus di stop no 6, jalan dikit dari hotel, 5 menitan lah. kita ikutin aja jalurnya. target hari ini mo bawa anak2 ke istana negara, planetarium, taman burung, taman orchid dan klcc. Tapi..prakteknya kita cuma keliling Istana negara dan di planetarium. Bus berenti 10 menit di Istana Negara ngasih kesempatan kita untuk poto2, jadi ga perlu tunggu bus berikutnya, naik bus tadi lagi aja. trus lanjut ke planetarium, nyampe disana panaaaassss banget, mana lumayan jauh jalan dari bus stop ke planetariumnya, plus jalannya mendaki hikss.... belom2 udah cape duluan, mana sambil gendong Shaqeela. Planetarium ini arealnya nyatu dengan taman burung, taman orchid, taman kupu2, tapi arealnya luaaaaasss banget. kayanya butuh spent time 2 hari kalo mo keliling disini. Di planetarium aja kita ada 3 jam an, karena semua mainan dicobain sama najla, plus kita nonton film 3D di theater ruang angkasa. sayang Bunda ga nonton sampe abis, shaqeela ketakutan karena gelap, sound filmnya kenceng plus gambar2 3D muter2 diatas kepala, Ga nyampe setengah film Bunda bawa shaqeela keluar deh daripada nangis nya makin kenceng di dalem :(

selesai nonton 3D, kita shalat dulu, disana ada mushallanya, mereka bilangnya surau. abis shalat kita jalan keluar, laperrrrrr.... secara makan cuma tadi pagi. thanks god ada cafetaria di taman tun sri abdul razak, di luar planetarium di jalan menuju ke HOHO bus stop, kita makan disana dengan menu nasi goreeeeeng, udah kangen sama nasi goreng hahahaha... mbak2 yang jual ternyata orang jawa, jadi ngerti aja kita mau apa. kita keceplosan minta teh panas aja mereka langsung ngerti, kalo sama orang malay mintanya te o suam qiqiqiqi...
abis makan kita ke taman burung tapi Bunda udah nggak sanggup lagi mau masuk, capeeeee.. kaki udah pegel banget, kita poto2 aja di luar taman burung sambil nungguin HOHO bus nya lewat. Ga lama bus nya dateng kita naik, perjalanan dilanjutkan ke titik berikutnya, karena udah cape kita ga turun lagi, rencana mau turun di KLCC aja, mo poto2 sama Twin Tower hehehe..

Nyampe KLCC, wuuaaahhh.....twin towernya emang keren ya, langsung deh kita poto2 dengan latar twin tower, malu? no wayy.... semua turis kayanya mau deh poto di twin tower, bule2 aja pada bikin poto seru, ada yang sengaja bawa kaki tiga kameranya trus poto2 sambil loncat2 hahaha...
abis poto2 di depan, kita masuk ke suria, pnegen liat gimana sih dalemnya mall yang punya semua counter merk2 terkenal itu? hhmmm...mata Bunda jelalatan liat counter2nya, haddeehhh..... pussiingg... hahaha... cukup liat ajah. Kita jalan terus nyari aquaria, ternyata oh my god, jalan ke aquaria jauuuhhh muter di dalem, kita ikutin aja terus tanda panah aquarianya, nyampe aquaria Bunda asli udah pegel banget udah kaya mo nge drop. najla sama yahanda sempet poto di depan aquaria, kita nggak masuk karena katanya siiyy lebih keren seaworld yang dijakarta dibanding aquaria. secara udah pernah masuk ke seaworld jadi yaaa... ga usah deh penasaran sama aquaria hihihi... kita jalan keluar aquaria, ga jauh kliatan papan petunnjuk KLCC park, kita keluar dan wuuahhh segeeerr... angin sore sepoi2, adem, banyak pohonnya. Bunda ngaso dulu selonjoran kaki sambil minum air putih. shaqeela sama najla kaya ngga ada capeknya, masih sanggup aja lari2. 

Bunda udah cape duluan mikirin rute keluar dari KLCC kalo lewat jalan tadi, iseng yahanda nanya sama orang yang lagi lewat ada ngga jalan tembus yang cepet nyampe luar, trus orangnya bilang ikutin aja jalur jalan setapak ini, ntar nyampe belakang suria. Kita ikutin petunjuknya si mas2 mnata sipit  tadi..eh...ternyata beneran loh nggak jauh... kita ada di bealkang suria, haddeehh... kalo tau gini mah mending tadi ke aquarianya kita lewat sini aja, ga pake muter, sesal kemudian tiada guna hahahahaha... taman belakang suria keren, kolamnya bagus, sempet poto2 juga trus kita lanjut keluar, nunggu bus HOHO di bus stop tempat turun tadi. Jam 6 an bus nya dateng, kita naik, stop berikutnya di KL tower, bus berenti lagi 10 menit, kita poto2 lagi, trusss lanjut balik ke bus stop no 6 di Bukit Bintang, naik bus udah capeeeee banget, nyampe hotel Bunda langsung tepar ketiduran, anak2 juga ketiduran, tengah malem Bunda kebangun dengerin si road singer nyanyi di depan, kamarnya ngga kedap suara, jadi suaranya si road singer kedengeran sampe kamar hihihi..
nih...hasil jalan-jalan gempor seharian tadi ^^


ini dia Bus HOHO, lets start...

 venue pertama, Istana Negara

Penjaga Berkuda, wajib poto kata para traveller hahhaa..
 
di depan batu purba, jalan meuju Planetarium

duduk dulu, cape abis mendaki bukit, masih belom nyampe nih, kata Najla ini bukit ke 3 Bunda hihi..

 akhirnyaa...sampe juga di planetarium

anti gravitasi box

 Astronot Najla dan Astronot Shaqeela ^^

 Astronot senior hahaha...

yahanda lagi sama armstrong

bunda begaye juga hehehe...

miniatur jet, awaaassss terbang

theater ruang angkasa, sebelum shaqeela nangis :)

 dibelakang kita tuh cafetarianya, lumayan lah buat ngisi perut yang lafar sangat

taman burung, poto depan nya aja ya

 horeeee...akhirnyaaa...poto di twin tower jugaaa

Najla juga begaya ahh.....

 tragedi aquaria hahahaha....

 
 ngaso dulu ahhh... di KLCC park. gempoorrrr + muka letih

 KLCC park dengan latar suria dan twin tower

 nyender bun? ^^

another icon, KL tower

gantian jadi model hihi..

 diatas bus HOHO, Najla mau duduk di dek belakang, untung sore jadi anginnya sepoy2 bikin ngantuk, seruuuuuu....dan capek

 yahanda juga capek tuhh...ksian...

hari ini seru banget, capek banget, pegel banget, cerita selanjutnya ditunggu ya... :)
 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design