Jumat, 04 Juli 2014

Menyimpan Bumbu Halus

Buat para Bunda, apalagi yang rutin masak tiap hari, bumbu halus itu penting. Karena masakan Indonesia itu nggak bisa lepas dari yang namanya bumbu halus seperti bawang putih, bawang merah, jahe, kunyit dll. Proses menghaluskan bumbu memakan waktu, apalagi jika bumbu  baru dihaluskan setiap akan memasak. Otomatis waktu yang dibutuhkan semakin banyak, memasak jadi lama. Untuk menyikapi itu biasanya Bunda menyediakan bumbu yang sudah dihaluskan terlebih dahulu. Jadi tinggal ambil sesuai kebutuhan saat akan menggunakan. 

Bumbu halus sekarang mudah didapat di pasar, tapi kita nggak tahu apakah bumbu itu higienis atau tidak. Apakah mesin penggilingnya bersih? Apakah bumbu dicuci dulu? Apakah menggunakan campuran air yang bersih? Kebayang kan kalo bumbu itu digiling dengan mesin yang ada sisa-sisa penggilingan kemaren dulu, trus bawangnya setelah dikupas tidak di cuci tapi langsung masuk ke penggilingan, ditambah air yang nggak jelas asal-usulnya.

Karena tidak yakin akan kebersihannya, Bunda nggak mau beli bumbu halus di pasar. Bunda bikin sendiri bumbu halus di rumah sesuai kebutuhan. Lalu simpan di kulkas. Biasanya Bunda giling bumbu satu persatu dalam jumlah banyak. Yang sering Bunda stok itu bawang putih dan jahe, karena dua bumbu ini sering digunakan sebagai penambah rasa saat merebus/mengungkap bahan makanan.

Untuk bawang merah Bunda belum mendapatkan cara supaya bawang merah tidak berubah warna dan bau selama dalam penyimpanan. Bunda pernah nyoba menghaluskan bawang merah, tapi dalam dua hari bawang merah halus berubah warna jadi hijau kehitaman. Serem sendiri ngeliatnya.

Untuk menghaluskan bumbu Bunda pake baby food chopper-nya Shaqeela, hehe. Ternyata setelah Shaqeela udah nggak butuh chopper untuk menggiling makanannya lagi, Bunda masih bisa memberdayakan chopper itu untuk menghaluskan bumbu. Bunda menggunakan sedikit minyak goreng sebagai campuran, bukan air, karena dengan minyak goreng, bumbu jadi lebih tahan lama dan tidak berubah warna ataupun rasa. Cuma jadi sedikit membeku karena suhu dingin kulkas, walaupun bukan diletakkan dalam freezer.

Nih... Tadi Bunda halusin bawang putih dan jahe, dan ini siap disimpan di kulkas, tinggal pake kapan dibutuhkan :)

bawang putih, jahe plus chopper Shaqeela :)
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design