Senin, 29 September 2014

Yang Terlupakan

Iya bener, kurang lebih 11 tahun kegiatan ini terlupakan 

Dulu, waktu jaman masih kerja kantoran, Bunda pernah belajar bikin crochet alias merajut. What? Merajut? Oma-oma banget sih, Bun?!
Eiiiits... Jangan salah. Merajut itu asli menyenangkan dan menenangkan. Nah, trus gimana ceritanya Bunda bisa belajar merajut?

Jadi, sekitar tahun 2003, ada senior di kantor, Asisten Manajer Kesejahteraan, namanya Bu Yulfitra. Nah, Bu Yul (begitu biasa dipanggil) ini suka ngisi waktu istirahat makan siang dengan merajut. Setelah makan, dan waktu istirahat masih panjang, Bu Yul mengeluarkan benang, jarum dan buku pola rajutan. Awalnya Bunda nggak tertarik, karena Bunda pikir pasti boseeeen banget melilit-lilit benang kecil dengan jarum seperti itu. Hingga suatu hari Bu Yul memeperlihatkan hasil rajutannya, waaahh... cantik! 

Melihat itu, tiba-tiba aja Bunda jadi pengen bisa bikin rajutan cantik seperti itu. Bunda minta diajarin, Bu Yul dengan senang hati mau ngajarin step by step mulai dari megang benag, posisi jarum, hingga beberapa jenis tusukan. Awalnya dipinjemin jarum dan benang oleh Bu Yul, tapi lama-lama setelah rajutannya membesar, Bunda beli jarum dan benang sendiri. Trus bunda fotokopi buku rajutannya si ibu. Maksud hati mau ngerjain di rumah. Ough... Melihat hasil rajutan yang lumayan, lama-lama Bunda jadi sukaaaa banget. Waktu luang Bunda isi dengan bikin rajutan. Tapi... Bunda cuma bisa bikin segala taplak. Itu pun mesti pake buku untuk mencontoh polanya. Dan juga jenis tusukan yang Bunda bisa baru stitch, chain, double crochet, triple crochet. Tapi walaupun dengan jenis tusukan yang terbatas, Bunda udah menghasilkan beberapa taplak meja yang akhirnya menghias meja rumah, cmiiw!  Andung kebagian enak. Bisa dapet taplak baru hasil karya Bunda :)

Setelah menikah, hamil Najla, dan sibuk urusin Najla bayi, hingga sekarang, Bunda melupakan rajutan. Sama sekali nggak pernah kesentuh. Pernah sih kangen pengen ngerajut lagi tapi waktunya selalu nggak ada. Urusan rumah seperti nggak ada habisnya dan mesti diprioritaskan untuk disentuh, hiks....

Bulan lalu, kembali muncul kerinduan besar untuk merajut lagi. Tapi Bunda udah nggak punya peralatannya. Waktu jalan ke Gramedia, Bunda cari buku rajutan, nggak ketemu. Duh, hopeless. Tapi nggak apa-apa ding, pulang dari Gramed Bunda bawa buku Rantau Satu Muaranya Bang A. FUADI, hehe.
Seminggu kemudian Bunda ke Gramed lagi masih dalam misi mencari buku merajut, dan taraaaa! Di rak buku keterampilan Bunda liat satu deret buku merajut nangkring manis di sana. Semangat 45 Bunda ambil bukunya. Oke, buku udah dapet. Sekarang tinggal hunting benang dan jarum.

Tapi apa mau dikata, selalu saja ada halangan untuk pergi cari jarum dan benang ke pasar sukaramai kompleks  Ramayana sana. Baru tiga hari yang lalu Bunda paksain pergi ke sana, dan setelah muter-muter tanya sana-sini akhirnya ketemu toko grosiran yang ngejual benang dan jarum rajutnya. Alhamdulillaaahh... Seneng banget!
Daaan, nggak nunggu lama, sampe rumah Bunda langsung praktekin but... Kendala lain terjadi. Bunda lupa cara megang benangnya! Huhuhu.... Asli bete banget. Ngeliat itu Andung yang dulu juga bisa merajut ikut coba-coba megang benang. Gulung sana gulung sini, mencoba berbagai posisi benang di jari dan yihhaaa... Dapat! Bener-bener sumringah begitu inget lagi cara megang benangnya hehe.

Setelah perjuangan cukup panjang untuk bisa kembali merajut, setelah dua hari mengisi waktu luang dan belajar dari nol lagi lewat buku, karena Bunda lupa-lupa inget caranya. Untungnya di buku ada gambar step by step setiap tusukan. Jadi bunda tinggal ngikutin petunjuk sambil mengingat-ingat yang pernah diajarin Bu Yul. Alhamdulillah, hingga hari ini udah berhasil bikin 4 rajutan kecil yang rencananya mo dibikin sebanyak mungkin biar bisa jadi satu rajutan besar yang akan dijadikan taplak. Do'ain Bunda nggak bosen dan bisa nyelesaiin ini ya.... :)

Selasa, 16 September 2014

OMG, Asap Lagi! :(

Iyyaaaa beneeerrr asapnya parah lagi. Semuanya udah memutih, ujan juga nggak turun-turun. Barusan udah kedengeran sedikit bunyi air tik tik di atap, eeetapi... begitu selesai ngangkatin jemuran, ujannya nggak nambah-nambah, malah menghilaaaaang ditelan asap.

Mau ngadu kemana? 



Soto dan Ketupat Gulai Paku Onen

Weheeww... Judulnya Padang bangetsss :)

Yang berasal dari sumbar pasti nggak ada yang nggak kenal ketupat/lontong gulai paku alias pakis. Ini salah satu menu sarapan terkenal di Sumbar sana. Waktu masih di Palembang dulu rada susah sih nyarinya. But di sini... Yang jual, banyaaak! Tinggal pilih aja di mana kamu suka.

Salah satu yang sering Bunda datengin adalah warung ketupat gulai paku Onen yang letaknya di jalan Hang Tuah, tepat di seberang salah satu pintu masuk Mesjid Agung An Nur. Bisa juga masuk dari jalan di depan gereja HKPB, kalo bingung puterin aja mesjid An Nur, pasti ketemu. Karena di sana rameee banget, dapet parkiran lumayan susah. Dan di dalem warungnya sendiri juga rame, suka ngantri.

Selain ketupat gulai paku di sana ada soto ayam, soto daging, mie goreng dan mie rebus (dua-duanya dari mie instant sih), dan lopis. Lopis di sini juga legit, gurih, enak deh. Jadi klo makan di Onen Bunda pesen satu ketupat gulai paku dan satu buah lopis, hasilnya, kuenyaaang poll hehe....

Cuma... Karena kemaren udah laper banget, Bunda sampe lupa potoin penampakan ketupatnya. Bunda cuma bisa ambil poto soto dagingnya si Tita yang kebetulan lagi spending cuti di sini. Nih, bisa liat sotonya seperti apa. Oya, seperti judul postingan ini yang Padang banget, pastinya semua makanan di sini citarasanya juga Padang banget :)

soto daging Onen, bikin lapeeerr....
 

Bakso dan Mie Ayam Soponyono

Awalnya nggak sengaja makan ditempat ini. Waktu itu lagi pengeeeenn banget makan mie ayam yang citarasanya tradisional. Bunda ngomong ke Yahanda, "lagi pengen mie ayam deh,  dimana ya  yang enak?" Eh taunya Yahanda juga lagi pengen mie ayam, specially mie ayam ceker coz Yahanda hobi banget sama ceker. 

Abis magrib kita keluar rumah, pas di persimpangan jalan Lumba-Lumba dan Harapan Raya, di seberang, tepat di sebelah Metro Plaza, kita lihat warung bakso yang rameeee banget pengunjungnya. Kita sepakat untuk nyobain makan disitu. Pas masuk hmmm.... Ngeliat mangkok-mangkok orang kok kayanya enak ya.. Makin ngiler deh. 

Pucuk dicinta ulam pun tiba, ternyata di sana mie ayamnya komplit. Bisa campur bakso, pangsit, telor daaaan ceker! Bunda sih nggak suka ceker, tapi Yahanda tetap pesenin Bunda mie ayam plus ceker, ntar cekernya pindahin ke mangkok Yahanda, hihi. Najla dan Shaqeela pesen mie bakso. Well, rekomendasi dari ramenya orang yang makan di sana tidak mengecewakan. Mie ayamnya enak, baksonya juga enak. Menu lain di sana ada mie pangsit, tapi Bunda belum pernah coba. Nah kemaren Bunda baru makan lagi nih, kali ini Bunda nyoba mie ayam bakso telor. Wuihhh... Enyak enyak enyak :)

mie ayam bakso telornya bikin iler kemana-mana
 

Selasa, 09 September 2014

Natuna!

Wuihhh.... Senin kemaren yahanda ke Natuna! 

Yup, Natuna, pulau terujung dari gugusan kepulauan Riau, yang dikiiittt lagi nyampe Kalimantan. Yahanda disana hingga hari kamis tgl 10 September, kamis itu Yahanda balik ke Batam. Bunda nggak sabaran pengen liat poto-poto Yahanda disana.

Barusan Bunda dapet update perjalanan Yahanda di Natuna. Pagi tadi Yahanda nyebrang ke pulau Sedanau, jaraknya 30 menit naik kapal kecil dari Natuna Besar. Aahhh... Makin blingsatan dengernya .... Tau nggak, ongkos pesawat dari Batam ke Natuna itu 1.250 ribu rupiah, dengan Sriwijaya Air, jarak tempuh 1 jam 15 menit. Lumayan ya... Lumayan jauh dan lumayan mahal hehe. Tapi Bunda rasa worth it, mungkin akan sebandinglah ongkos yang dikeluarin dengan pengalaman menjejak pulau Natuna. Duuh, makin nggak sabaran nunggu report berikutnya dari Yahanda. Keep update ya! :)

 

Jumat, 05 September 2014

Puding Coklat Vla Vanilla Lagi

Aha, ceritanya Bunda masih belum puas dengan hasil puding coklat yang dibuat dari susu kental manis coklat pada postingan terdahulu. Penasaran, Bunda coba lagi resep puding coklat yang Bunda dapat dari tabloid kuliner. Buat yang mau coba bikin, ini Bunda share resepnya ya ....

Bahan :
  • 700 ml susu cair
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr coklat masak pekat, dipotong-potong
  • 1/2 sdm coklat bubuk
  • 1 sdm bubuk agar-agar biasa
  • 1/2 sdm bubuk agar-agar jelly
  • garam secukupnya 

Bahan Vla :
  •  300 ml susu cair
  • 1 sdm tepung maizena
  • 50 gr gula
  • 1/8 sdt garam
  • 1/2 sdt pasta vanilla
Cara Membuat Puding :
- Masak semua bahan kecuali coklat masak pekat diatas api sedang. Sambil diaduk hingga larutan mendidih.
- Setelah larutan mendidih, kecilkan api, lalu masukkan potongan coklat masak pekat kedalamnya, aduk hingga coklat mencair dan tercampur rata di dalam larutan.
- Siapkan loyang yang telah dibasahi dengan air matang. Tuang larutan ke dalam cetakan sambil disaring agar gumpalan-gumpalan coklat atau bahan lainnya tidak ikut masuk dalam cetakan. 
- Dinginkan dan simpan di dalam lemari pendingin

Cara Membuat Vla :
- Campur semua bahan menjadi satu. Jerang diatas kompor dengan api sedang sambil di aduk-aduk.
- Masak larutan vla hingga mendidih dan meletup-letup, sampai tingkat kekentalan yang diinginkan

Rabu, 03 September 2014

Tantrum!

Hampir sebulan ini ada habit baru Shaqeela yang lucu tapi rada nyebelin dan bikin capek. Bayangkan, kalo dia lagi marah, udah bisa banting-banting mainan! Hadduhhh... Tepok jidat. Dia dapet dari mana coba banting-banting mainan seperti itu? Tapi setelah Bunda inget-inget lagi mungkin itu refleksi rasa kesalnya kalo lagi berantem sama Najla. Najla memang usil, suka gangguin Shaqeela main. Shaqeela paling nggak suka mainannya dipegang Najla tapi Najla malah usil, kekeuh ngambil mainan yang lagi dipegang Shaqeela, maka ngamuklah si kecil ini. Mungkin nggak sengaja, di puncak kemarahannya, tanpa sadar dia melempar mainan ke Najla, saking keselnya kali ya.... Eh malah keterusan. Tiap marah langsung ngelemparin semua yang ada ditangannya. Wohohoho.

Bukan cuma melempar barang, Shaqeela sekarang juga amat sangat ekpresif. Kalo minta sesuatu dan nggak dikasih dia bakal nangis kenceeeeeeng banget, teriak-teriak sampe suaranya serak, ujung-ujungnya batuk trus muntah. Duh, kalo dia udah nangis ala rocker begitu Bunda udah mesti menenangkan dengan segala cara agar dia nggak batuk lalu muntah. 

Satu lagi kebiasaan baru yg bikin capek, setiap mau tidur mesti digendong dulu. Baik tidur siang atau malam, dia nggak akan mau tidur sebelum digendong. Kalo nggak digendong Shaqeela rewel, buntutnya nangis kenceng. Serba salah kan? Terpaksalah ... gendongin dia sampe ketiduran. Kalo udah tidur sih nggak masalah diletakkan ke kasur. 

Tau sih, ini masanya Shaqeela mengalami tantrum. Karena udah pengalaman menghadapi tantrum Najla dulu waktu seusia Shaqeela sekarang, Bunda udah nggak kaget. Cuma tetep aja shock menghadapinya haha. Tantrumnya Shaqeela masih enak dibanding Najla dulu. Shaqeela masih bisa dibujuk baik-baik. Najla? Ampuuunnn.... Sekalinya nangis itu bisa berjam-jam. Dulu Bunda paling takut kalo liat dia nangis. Jadi sebisa mungkin mengalihkan perhatiannya dari hal-hal yang bikin dia nangis. Orang sekitar rumah aja kaget, Najla yang kurus kecil gitu ternyata kalo nangis bahaya, suaranya sampe kemana-mana :-D

Semoga fase tantrum Shaqeela ini nggak berlangsung lama. Doain ya... Repot nih.... :)

Selasa, 02 September 2014

I did It All Alone

Yup, I did it all alone.

Sejak LDR-an, semua serba dilakukan sendiri. Mulai dari urusan antar jemput Najla ke skul, angkat galon air minum sampai ke urusan mobil. Mulai dari nambah angin ke bengkel, karena pake nitrogen jadi mesti ngisi ke bengkel yang nyediain nitrogen, ga bisa ke abang-abang tukang isi angin yang di pinggir jalan. Hingga urusan cuci mencuci mobil.

Sebenernya paling males ke pencucian mobil ini. Seperti sekarang, Bunda lagi di car wash, duduk di ruang tunggu nungguin mobilnya antri di cuci, sendirian. Paling nggak ini akan makan waktu satu jam. Asli bingung ga tau mau ngapain. Pegang hp liat sosmed, boring, isinya ga akan jauh beda dengan yang kemaren-kemaren. Mau update status juga ga tau mau bikin apaan. Eh tapi sempet sih check-in di Path haha. Sekarang ceritain car wash ini aja kali ya....

Car wash ini namanya C3 singkatan dari Car Care Centre. Kayanya C3 ini tersebar di beberapa kota di Indonesia. Ini pertamakalinya Bunda nyuci di sini. Karena baru keliatan pas lewat sini. C3 ini terletak di jalan Arifin Ahmad, nggak jauh dari sekolah Al Azhar Budi Syifa Pekanbaru. Begitu masuk ke parkiran langsung di sambut sama mbak-mbak yang nanyain mau di cuci biasa atau mau sekalian di wax. Kasian sama si silver yang udah mulai bulukan ini Bunda pilih sekalian wax aja. Biar dia bersih n mengkilat. Biarpun mobil jadul kalo dianya kinclong tampilannya jadi oke yaa.... Serah terima kunci sama si mbak, lalu Bunda masuk ke ruang tunggu. Ruangannya lumayan nyamanlah. Ada TV dan AC. Di dalam ada sofa hitam dan kursi deret stainless steel untuk duduk customer. Kantin ada di belakang. Bunda belum ngintip kantinnya.

Yang kerja lumayan banyak. Jadi kayanya si silver bisa cepet kelar. 10 menit ngantri, sekarang udha giliran dia disemprot-semprot. 

Sambil nunggu silver dimandiin, Bunda ke kantin dulu ya, laper. Happy waiting :)

Senin, 01 September 2014

Tanjung Pinang - Pulau Penyengat

Ini oleh-oleh Yahanda waktu tugas ke Tanjung Pinang minggu lalu. Karena Bunda belum bisa ikut ke sana yasud cukup puas aja liatin pic Yahnda selama di sana. Hiks....

Karena bawa mobil kantor untuk transport di tanjung pinang nanti, dari Batam Yahanda start di pelabuhan punggur naik kapal RORO (Roll On Roll Off) dan nanti di Tanjung Pinangnya turun di pelabuhan Tanjung Uban. Dari Tanjung Uban ke kota Tanjung Pinang butuh waktu 1 jam dengan mobil.

Sayangnya Yahanda gak punya pic selama di kota Tanjung Pinang. Iya sih nggak mungkin mau melancong , secara Yahanda ke sana kan dalam rangka ngaudit bukan jalan-jalan.

Fortunately, hari terakhir di sana, Yahanda sempet ke pulau Penyengat. Dari Tanjung Pinang ke pulau Penyengat menggunakan perahu mesin, di sana disebutnya perahu pompong. Perjalanannya 15 menit aja. Pulau kecil itu berisi makam raja-raja dan Mesjid Raya Sultan Riau. 

Duh... Bunda cuma bisa nelen ludah ngeliat trip Yahanda kali ini.

Yahanda nyobain jadi Kapten kapal RORO, makasih ya Capt udah ngijinin Yahanda pose di sini :)
 
Mesjid Raya Sultan Riau
 
Bisa baca sendiri ya ini Yahanda lagi dimana :)
 
Yahanda ngerti banget, no pic = hoax. Jadi segala sudut di dokumentasiin hehe

situs sejarah lainnya di Pulau Penyengat
 
  di dalam Mesjid Raya Sultan Riau

Naahh... ini dia kapal RORO yang sempet dinakhodain Yahanda :D

Poto-poto Yahanda seru ya... Masih banyak nih poto Yahanda lainnya di tempat berbeda. Kapan-kapan Bunda share lagi yah. Mesti bongkar file poto dulu nih. Semoga Bunda masih inget Yahanda pernah kemana aja hehe.
 
 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design