Rabu, 25 Maret 2020

We're soooooo EXCITED! 
Tapi bingung mau mulai cerita dari mana :D

Kemaren pagi, Selasa 24 Maret 2020, sekitar pukul 8 lewat beberapa menit, saya terima telpon dari nomor tak dikenal, ternyata telpon dari MAN IC Siak, uwow!! Yang nelpon bapak-bapak, saking excitednya jadi lupa nanyain nama bapaknya siapa hihi. Bapaknya nanya apakah Najla mau ambil MAN IC? Karena ada beberapa anak yang mengundurkan diri, jadi slotnya bisa diisi oleh Najla, alhamdulillah... kalo rejeki emang gak kemana yah, ada aja jalannya untuk nyamperin kita walau terlihat hampir tidak tergapai. Kok gitu, Bun? 

Jadi gini, Bulan Februari lalu, saat MAN IC buka pengumuman penerimaan siswa baru, Najla ikut daftar itupun udah hampir tutup baru daftar, karena di awal anaknya masih galau, mau daftar atau enggak. Biasalah ya anak-anak, merasa agak berat karena harus tinggal di asrama. Pada saat dalam kegalauan itulah tim dari MAN IC datang ke sekolah Najla untuk sosialisasi, dan ketika pulang sekolah Najla minta saya untuk urusin pendaftarannya di MAN IC. Saya tanyain donk, yakin mau masuk MAN IC? katanya yakin. Kalo lulus nanti tinggalnya di asrama lho, beneran yakin? dianya ketawa sambil bilang yakin. Trus uni mau pilih dimana? dia jawab ya pilihan 1 nya di Siak, pilihan 2 di Pariaman. Kalo nanti lulusnya di Pariaman, beneran mau diambil juga? Bunda sama yahanda belum tentu bisa lhoo sering-sering liat ke sana, soalnya dedek kan sekolah juga. Kalo di Siak ya deket, insyaAllah kapan mau ke sana bisa langsung cuss aja. Tapi kan kita gak tau nih bisa lulus atau enggak juga. takutnya kalo cuma ambil Siak aja, siaa tau saingannya banyak jadi susah untuk masuk. Kali-kali aja peminat di Pariaman belum begitu banyak, jadi ada peluang bisa masuk sana. Yaaaa kalo ambil 2 pilihan, peluang lebih besar dibanding cuma ambil Siak satu aja. Tapi ya itu tadi, andai lulus di Pariaman, agak jauh dikit nih, butuh waktu sekian jam untuk bisa ke sana. setelah diberi pandangan panjang lebar gitu, dia tetep kekeuh mau daftar. Ya udah, kami mulai ngurus persyaratannya, minta surat rekomendasi dari sekolah, legalisir raport dll.

Alhamdulillah, Najla lulus seleksi administrasi sehingga bisa ikut test pada hari sabtu tanggal 15 Februari 2020, dapet sesi ke 2 jam 12.00 wib sampai jam 17.00 wib. Lumayaaaaan kita nungguinnya di sana. Kebayang ya anak-anak gimana testnya selama 5 jam di dalem sana, berasap nggak tuh kepala :D kita yang nunggu juga udah mondar-mandir bolak-balik, mana cuaca ampuuun lagi panas-panasnya. Alhamdulillah musholanya model kebuka gitu jadi adem bisa duduk dan banyak yang tiduran juga, termasuklah saya sempet rebahan di mushola. 

dan, saat pengumuman kelulusan, Najla lulus cadangan, nomor urut 14. Omaigot! nanggung bangeeeeet, galau berat kan jadinya, status gantung gitu. Dari sekolah Najla yang ikut test ada 24 anak, yang lulus utama ada 7 orang terdiri dari 2 orang cowok dan 5 orang cewek, 2 diantara yang cewek itu temen deketnya Najla. Kebayanglah ya gimana perasaan Najla ngeliat temennya lulus utama sementara dia lulus cadangan. Dan yang lulus cadangan ini dari sekolah cuma Najla seorang. Duh, nelangsa banget rasanya saat itu. Saya hubungi panitia via whatsapp nanyain, kapan status lulus cadangan ini dapet kepastian. Kata panitianya tunggu daftar ulang lulus utama selesai dulu, nanti andaikan ada yang mengundurkan diri, maka lulus cadangan akan dihubungi. Baiklaaaah, mari kita tunggu. 

Proses daftar ulang untuk anak lulus utama berlangsung dari tanggal 16 Maret 2020. Hingga satu minggu setelahnya, tepatnya hari minggu tanggal 22 Maret 2020 saya ngomong ke Najla, "sampe sekarang kita belum dapet telpon dari MAN IC nih, Un.. berarti pada ngambil semua kali yaaa anak-anak lulus utama, gak ada yang ngundurin diri? Ya udahlah, nanti kalo PPDB MAN 2 udah buka, ikut daftar ya, moga-moga ada rejeki disana". Si uni mah iya iya aja. Trus saya tanyain, uni mau daftar dimana? MAN 1 atau MAN 2, dia jawab yang mana aja, kalo bisa ikut test dua-duanya ya ikut, ntar lulus yang mana aja diambil. Okeh sip, saya udah bener-bener lillahi ta'ala atas MAN IC hari itu. 

Senin dini hari, saya kebangun pukul 03.30, gak bisa tidur lagi. Saya pikir ya mumpung kebangun jam segini, saya shalat malam. Setelah shalat malam, saya lanjut shalat hajat, selesai shalat hajat, saya berdo'a, "Ya Allah, andaikan MAN IC memang yang terbaik buat Najla, maka berikan jalan untuk dia agar bisa masuk ke sana. Andai MAN IC bukan yang terbaik buat dia, maka mudahkanlah dia untuk masuk ke MAN 1 atau MAN 2, yang mana pun yang menurut-Mu itu memang terbaik untuk Najla".
Iyah, saya berdo'a seperti itu, saya tidak minta harus masuk ke sana ke sini or situ, saya hanya ingin sekolah yang menurut Allah terbaik untuk Najla. Dan senin berlalu begitgu saja tanpa ada pikiran apa-apa lagi tentang MAN IC.

Dan, surprise! 
Selasa 25 Maret 2020, saya dapet telpon seperti yang diceritakan diatas. Bapak panitia mengirimkan berkas-berkas yang harus kami bawa pada saat daftar ulang hari sabtu besok. Salah satunya ada form test kesehatan yang harus dilakukan di rumah sakit. Karena hari ini tanggal merah, maka kami baru akan bawa Najla test kesehatan besok. Hanya saja sekarang yang jadi kegalauan buat saya, apakah skoliosis yang disandang Najla akan jadi sandungan? Saya berharap sih tidak, karena dia punya hak untuk dapat pendidikan bagaimanapun keadaan fisiknya kan ya? lagian di form test kesehatan juga nggak ada persyaratan postur tubuh harus lurus sempurna. Semoga saja kegalauan saya ini tidak terjadi, amiin ya rabb...

Besok siap-siap ajak Najla ke lab untuk test. Kami pilih pergi ke lab saja untuk menghindari keramaian rumah sakit pada saat darurat seperti sekarang ini. Kami sudah tanya ke panitia, katanya boleh bawa ke lab yang udah terstandar TQA. Semoga besok semua test kesehatan Najla berjalan lancar, amiin...  

Rabu, 18 Maret 2020

Social Distancing Day 3

Hari ke-3 #dirumahaja, ngapain aja?

Seperti biasa, bangun pagi, shalat subuh, beberes untuk sarapan, bikin jus jeyuk dan nasi goyeng ☺ tak lupa kopi hitam buat yahanda. Lanjut keluarin bahan makanan beku dari kulkas buat di masak nanti, untuk lunch sama dinner, ciyeee... 

Bahan makanan ini emang udah di stok dari hari minggu kemaren. Sekali seminggu belanja ikan, daging, ayam, udang, cumi, telur, gak banyak-banyak sih, kira-kira cukuplah untuk dimasak beberapa hari. kayak beli ikan 1 kg, itu dibersihin trus dibagi dalam 2 kotak, bisa untuk 2x masak. Beli daging 1/2/ kg aja, itu direbus, jadiin dendeng, nanti juga dibagi jadi 2 kotak kecil. Ayam kampung beli 1 ekor, diungkap trus bagi juga jadi 2 kotak. Cumi, udang semua udah masuk dalam kotak-kotak plastik kecil. Porsinya emang dibikin kecil-kecil aja, karena sekali masak nanti bisa 2 jenis lauk. Apalagi si Dedek gak suka udang sama cumi, jadi kalo masak 2 bahan itu harus dibarengi masak yg lain buat dia. 

Trus cuaca bagus donk, ajakin anak-anak keluar. Mereka selow walking dari depan komplek sampe ujung jalan trus balik lagi, kira-kira makan waktu 10 menitan. Mayanlah dapet matahari pagi, besok kalo cuaca bagus lagi, mesti lebih dilamain waktu mandi mataharinya.

Selesai jalan, masuk rumah dan lanjut beberes. Beresin piring gelas bekas sarapan, haha. Si Uni bantu nyapu rumah, beresin jemuran yang belum sempet dirapiin di keranjang, biar belajar beberes juga, dan biar tau ini nih yang dijerjain emaknya tiap hari kalo dia lagi di sekolah. Kira-kira suhu badan udah stabil, anak-anak pada mandi. Bundo ngapain? lanjut masak lah.. jadinya sekarang tiap hari masak. Mau beli makanan di luar ngeri euy... Entah dibilang parno atau apalah yang pasti jaga-jaga aja, lebih aman untuk masak sendiri aja kayanya, pas makannya juga lebih enjoy. daripada nanti makan sambil mikir "ini maknana tadi kang masaknya bersin gak ya? kang kurirnya abis lap ingus gak ya?" berabe kan? bukannya jadi sehat abis makan yang ada tekanan batin kepikiran ☺

So, hari ini masakapa, Bun?
Masak yang gampang-gampang aja, karena emang gak jago masak. Udah bisa masak aja udah syukur banget, haha.. Yuk liat foto, masak apa aja hari ini.

Cumi Goreng Tepung

Dendeng + Tahu Balado

Gulai Buncis+Kol+Teri belah

Honestly tadi juga coba baking, niatnya mau bikin Ogura Cake motif unicorn. Eh ternyata stock pewarna makanan cuma ada merah dan hijau. Biru dan ungu expired. Ketauan banget udah lama gak baking, bahannya sampe expired. 

Udahlah hasilnya bukan kayak unicorn tapi warnanya jadi mirip bolu kukus yang bulet-bulet, merah, kuning, ijo. Trus juga tadi ternyata telur yang dipake kurang bagus, putihnya udah encer, gak kental lagi, jadinya pas dikocok gak bisa sampe soft peak, meleber aja gitu, padahal udah dikocok 15 menitan. Baca-baca di tips and trik katanya juga gak boleh ada kuning telur masuk di adonan putih telur, karena itu juga bikin putih telur gak bisa ngembang. Perfect lah, itu tadi kuning telur gak tau berapa tetes masuk di putihnya, tidak terpisah sempurna. Alhasil, ogura cakenya tidak mengembang sempurna, pas mateng tingginya cuma setengah cetakan. Tapi dibalik kegagalan penampilannya, rasa Ogura Cakenya enaaaaak, lembuuut, makan sepotong gak cukup.

Sekian cerita di hari ke-3 ini, stay healthy semuanyaaa...!!

Selasa, 17 Maret 2020

Social Distancing Day 2

Hari ke-2 social distancing day, masih betah sih bertahan di rumah, anak-anak juga udah dikasih tugas dari sekolah. Mereka tetep ada kegiatan belajar walau lebih banyak pegang gadgetnya. Tapi paling tidak, masih bisa diatur,  ada jamnya kapan boleh pegang gadget dan kapan istirahat dari gadget. Bangun pagi tadi cuaca mendung, sempet turun hujan tipis malah, matahari baru keluar sekitar pukul 8.45 wib, langsung deh ajak anak-anak keluar rumah, suruh mereka jalan di depan komplek sambil berjemur biar kena matahari. Kalo nggak disuruh gitu, mereka betah mendem di kamar gak keluar-keluar. Bisa nambah masalah baru nanti kalo dibiarin kayak gitu. mereka di luar lumayanlah, ada sekitar 15 menitan, itu juga udah gak sabar pengen cepet masuk rumah lagi. Katanya panaaas, lhaaa tujuannya diajak keluar emang sengaja untuk dipanas-panasin koook... ☺

Dan hari ini, beredar berita tentang perpanjangan status darurat bencana hingga tanggal 29 Mei 2020. Ahh... entahlah... Semua sudah serba terlanjur. Terlanjur telat negara ini menyikapi pandemi covid-19. 

Di saat negara lain sudah sibuk bikin tindakan preventif, negara ini masih santuy kek di pantuy, eh santaaaai kek di pantai, katanya hingga saat ini belum ada orang Indonesia yang tertular. Hingga keluar berbagai lelucon dan meme tentang kekuatan orang Indonesia yang tahan banting. Miris... Di satu sisi mungkin itu adalah satire, orang-orang sudah gemas, tapi tidak bisa berbuat apa-apa, akhirnya ya gitu, membuat lelucon tentang kondisi sekarang.

Disaat negara lain mulai melakukan Lock Down, di negara ini aktivitas tetap berjalan seperti biasa. Parahnya lagi, di saat negara lain sibuk mulai menutup diri, menjaga pintu keluar masuk negara masing-masing, di Indonesia turis masih lalu lalang. Saya pribadi sedikit ketar-ketir, mengingat posisi kota Pekanbaru yang berdekatan dengan Kepri. Lalu lintas Kepri-Riau (khususnya Pekanbaru) itu rame banget. Tau dooonk Kepri itu punya banyak pintu masuk. Riau sendiri juga punya pintu masuk seperti di Dumai. Jadi berasa banget kalo keselamatan penduduk yang berada di dekat pintu masuk ini, yang sangat rentan untuk lebih dulu tertular ini, tidak begitu diperhatikan. Sehingga satu-satunya jalan adalah menyerahlan semuanya pada Allah, banyak-banyak berdo'a, mohon perlindungan dari Allah dan menjaga diri masing-masing sesuai anjuran yang beredar secara daring. 

Whatever, apa boleh buat, sekarang jalani saja. Katanya status darurat bencana, diminta untuk dirumah selama 14 hari yg kemungkinan diperpanjang hingga 29 Mei nanti, jalani saja. Semoga kita semua sehat dan dijauhkan dari segala bahaya, amiiin ya rabb...



Senin, 16 Maret 2020

Social Distancing Day 1

Himbauan social distancing dimulai hari ini terkait pandemi Corona (covid-19) yang sedang terjadi saat ini. Iya, sejak Presiden mengumumkan satu suspect corona di Depok beberapa waktu lalu, keadaan jadi mulai tidak baik, walau kelihatan di permukaan sih tidak ada apa-apa, tapi benda-benda yang dibutuhkan seperti masker, hand sanitizer jadi barang langka sekarang. Kalaupun ada yang jual, harganya selangit!

Berawal kemaren malam, minggu 15 Maret 2020, grup whatsapp sekolah anak-anak mulai ribut, wali murid mempertanyakan apa kebijakan sekolah terkait Lock Down yang dilakukan oleh beberapa daerah di luar Pekanbaru. Pihak sekolah masih menunggu keputusan dari dinas terkait, dan sekitar pukul 20.00, WAG sekolah si Dedek (SD Negeri) menyatakan bahwa KBM diliburkan selama 2 minggu, terhitung mulai hari senin tanggal 16 Maret 2020 sampai tanggal 29 Maret 2020. 

Giliran sekolah si Uni yang masih galau. Anak kelas 7 dan 8 sih memang diliburkan karena anak kelas 9 (termasuk si Uni) harusnya melaksanakan Ujian Akhir Nasional Madrasah Berbasis Komputer (UANMBK) selama 3 hari, mulai tanggal 16 maret sampai tanggal 18 Maret 2020. Malam itu, pihak sekolah menyatakan bahwa UANMBK tetap dilaksanakan besok pagi sesuai jadwal masing-masing. Beberapa wali murid menyatakan keberatan akan keputusan tersebut, lainnya ikut saja keputusan sekolah sambil berdoa semoga anak-anak baik-baik saja diluar sana. Semua saran untuk menjaga kesehatan, kebersihan baik untuk lingkungan sekolah, komputer yang akan dipakai dan termasuk staf guru yang bertugas dilontarkan di dalam grup. Saya yakin, banyak orang tua yang berangkat tidur dengan harapan ujian ditunda saja esok pagi. 

Pagi hari, si Uni bersiap seperti biasa, saat si Uni mau berangkat sekolah sekitar pukul 6.30 wib, saya liat HP dan buka WA. Ternyata pada pukul 6 pagi tadi, admin WAG kelas 9 memberi pengumuman bahwa ujian ditunda dan anak kelas 9 ikut diliburkan selama 2 minggu seperti yang lain. Ungkapan kelegaan beredar di WAG, yang udah nyampe di sekolah pun kembali ke rumah masing-masing.

Jadi, lock down sementara ini hanya untuk anak sekolah, sementara kegiatan lainnya seperti bekerja tetap berjalan seperti biasa. Belajar dari negara lain, sepertinya me-rumah-kan anak-anak itu memang jalan terbaik, sehingga spreading covid-19 ini bisa di minimalisir. Asalkan selama libur anak memang tidak dibawa jalan kemana-mana. Karena sepertinya sudah banyak yang memanfaatkan libur sekolah ini menjadi moment "liburan dadakan" ditambah dengan harga tiket yang juga sedang banyak diskonnya. What a pity...

Ini mau deket puasa loh, mau deket lebaran, mau deket ujian akhir tahun, ujian kelulusan untuk anak-anak kita. Akan ada banyak liburan yang bisa dimanfaatkan esok hari. Please... be wise.. 

Ayolah yang memang tidak punya kegiatan diluar sana, kita berdiam saja dulu di rumah, kita putus mata rantai   penyebaran Covid-19 agar cepat berlalu dan kita bisa nikmati liburan sebenarnya dengan perasaan lega tanpa harus takut lagi dengan Corona. 


                           Hasil gambar untuk covid-19

Bolu Kukus Pandan Tanpa Emulsifier

Udah lama gak baking, kemaren minggu kepikiran mau bikin bolu pandan. Belum pernah bikin yang tanpa emulsifier, jadi ceritanya mau coba-coba bikin yang tanpa emulsifier. Gugling nyari resep, setelah liat-liat beberapa resep, eh keliatan donk resepnya cici Xander's Kitchen di cookpad, tapi kok ya saya gak bisa buka cookpadnya di browser? disuruh donlod aplikasinya dulu, apa memang seperti itu ya kalo mau liat resep-resep di cookpad? maap kudet, dulu-dulu rasanya bisa aja buka cookpad di browser. Trus karena gak bisa buka di browser, akhirnya saya  langsung aja ke IG-nya karena saya emang udah lama follow. Setelah scrolling, taraaaa dapet deh resep bolu kukus pandan tanpa emulsifier.

Saya langsung eksekusi tapi bikin setengah resep aja, karena pake loyang bulat kecil diameter 18 cm. Trus sebelumnya saya juga sempet tanya-tanya ke temen yang suka bikin bolu kukus pandan tanpa emulsifier juga, katanya dia tambahin satu sendok makan perasan air jeruk nipis, lalu kuning telur dan putih telur di kocok terpisah. Karena gak punya air endapan pandan asli, saya pake pasta pandan merk toffieco saja. 

Berikut saya share resep bolu kukus pandan by Xander's Kitchen dengan sedikit modifikasi

Bahan :
-  4 butir telur
- 110 gram gula pasir
- 100 gram tepung terigu protein sedang
- 10 gram maizena
- 2 sdm susu bubuk
- 75 ml santan kental (saya pake kara)
- 20 ml minyak sayur
- 20 ml air 
- sejumput garam
- 1 sdm air jeruk nipis
- pasta pandan secukupnya
- vanille 

Cara membuat :
- panaskan oven dan siapkan loyang. Oles loyang dengan margarin dan taburi terigu tipis-tipis.
- Campur dan ayak semua bahan kering, tepung terigu, maizena, dan susu bubuk, dalam satu wadah, sisihkan
- campur bahan basah santan kental, minyak sayur, air, perasan jeruk nipis dan pasta pandan, ekstrak vanille, dalam satu wadah, aduk rata, sisihkan
- pisahkan kuning telur dengan putih telur. Kocok kuning telur dengan gula hingga mengembang, terlihat kaku dan berjejak.
- kocok putih telur hingga mengembang, terlihat ringan dan berjejak.
- campurkan secara bertahap putih telur ke adonan kuning telur sambil diaduk balik.
- masukkan bahan kering sambil diayak secara bertahap, aduk balik.
- ambil sedikit adonan, campurkan kedalam bahan basah, aduk rata, kemudian tuang secara bertahap ke dalam adonan telur sambil di aduk balik hingga rata, pastikan tidak ada cairan yg mengendap dibagian bawah.
- Tuang adonan ke dalam cetakan, hentakan cetakan, lalu masukkan ke dalam oven. panggang hingga matang sesuai oven masing-masing. 
- Untuk oven saya, saya pake api bawah suhu 150 derajat di 10 menit pertama, lalu saya naikkan jadi 200 derajat masih dengan api bawah selama 15-20 menit, lalu saya pakai api atas dan bawah selama 5 menit. khusus untuk memanggang ini harus kenali oven masing-masing yaa... 

Alhamdulillah, bolu pandannya jadi lembuuut, enak dan manisnya pas.


 

TRAVEL AROUND AND STAY FOR A WHILE Template by Ipietoon Cute Blog Design